PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIKALANGAN MAHASISWA UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Authors

  • Ali Syahbana Siregar UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.747

Keywords:

Media Sosial, Media Dakwah, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pemanfaatan media sosial sebagai media dakwah dikalangan mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, yang fokus pada media sosial YouTube dan Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Youtube dan Instagram yang digunakan mahasiswa Melalui media sosial mahasiswa dapat memuat pesan-pesan dakwah seperti gambar, audio, video, dan film animasi secara cepat dan praktis. Konten-konten yang dibagikan oleh mahasiswa melalui media sosial terdiri dari konten keagamaan yang berkenaan dengan motivasi, tausiyah pendek, tadabbur alam melalui ayat-ayat kauniyah tentang akidah, ibadah, muamalah, dan akhlak. Disamping itu mahasiswa juga banyak memanfaatkan media sosial sebagai sarana mengakses pesan-pesan keIslaman yang dikirim oleh admin atau pengelola media sosial ustad-ustad ternama di tanah air. Banyak diantara mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary  Padangsidimpuan yang notabene berlatarbelakang pendidikan umum memperoleh pengetahuan keagamaan melalui media sosial Instagram dan Youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, edisi revisi cetakan kedua, Jakarta: Kencana, 2009.

Herwibowo, Yudhi, YouTube, Jakarta Selatan: B-First, 2008.

Hootsuite (we are social) Indonesian Digital Report 2021. Diakses pada hari minggu 10 Junuari 2022.

Kurniawan, Puguh, Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh, Jurnal Kompetensi, Vol.11, No.2, 2017.

Mahendra, Bimo, "Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi)",Jurnal Komunikasi, Vol. 16, No. 01, Mei 2017.

Miles, Mattew B. & A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohindi, Jakarta: UI Press, cet. 12, 2013.

Morissan dan Andi Corry Wardhani, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010.

Nawawi, Adi, “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital”, Jurnal Islam Nusantara, Vol.03 No.02 Desember 2019.

Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sulawesi selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2019.. Mamik, Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.

Sulastri, Irta, Arfah Yenni Gustia, dan Lesnita Juniati, “Penggunaan Media Sosial dalam Berdakwa; Studi terhadap Da’i di Kota Padang” Al Munir Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol.11 No.2 Desember 2019.

Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Jakarta: Buku Kita, 2009.

Tim Stiletto Book & Ranny Afandi, How To Win Instagram; Trick Menjadi Instagram Influencer, Yogyakarta: Stiletto Book, 2019.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Siregar, A. S. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH DIKALANGAN MAHASISWA UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1300–1312. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.747