PERAN SOSIAL MEDIA ATAS PERILAKU KONSUMTIF BELANJA BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEBAKSARI KEC.PARAKANSALAK

Authors

  • Neng Siti Hamidah Institut Manajemen Wiyata Indonesia
  • Reihana Jannati Hakim Institut Manajemen Wiyata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.618

Keywords:

Sosial Media, Ibu Rumah Tangga Dan Perilaku Konsumtif

Abstract

Belanja , wanita mana yang tak menyukai jenis kegitan ini hampir atau bahkan semua wanita pasti menyukai kegiatan satu ini. Seiring berjalan nya waktu berbelanja kini tak mesti harus pergi kepasar , panas – panasan , berdesak – desakan dengan cara berdiam diri sekalipun sudah bisa melakukan kegiatan belanja . Ditambah dengan social media yang memudahkan para wanita khususnya ibu rumah tangga memiliki keinginan berbelanja yang semakin tinggi . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ibu rumah tangga yang berada di Desa Lebaksari Kec.Parakansalak ini menjadi perilaku konsumtif karena adanya social media . Dalam penelitian kualitatif – deskriptif ini melibatkan lima ibu rumah tangga. Hasil dari penelitian ini bahwa hanya satu dari lima  ibu rumah tangga yang melakukan kegiatan berbelanja yang betul –betul membeli apa yang mereka butuhkan sedangkan empat dari ibu rumah tangga tersebut mengakui mereka berlanja hanya karena semata – mata atas dasar keinginan dan akhirnya berperilaku konsumtif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Endang Dwi. 2013. “Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 1(2):79–83. doi: 10.30872/psikoborneo.v1i2.3285.

Firdausi, W. (2010). Pengaruh Absensi Ibu dalam Keluarga terhadap Kenakalan Remaja di Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang

Purnama, Rahmad, Yunia Purnamasari Putri, and Supriyati Supriyati. 2021. “Perbedaan Perilaku Konsumtif Pada Perempuan Berkerja Dan Perempuan Tidak Berkerja.” Al-Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies 1(1).

Ramadhani, Emilia, Fauzia Agustini, Dita Amanah, Dosen Universitas, Sumatera Utara, Dosen Universitas, Negeri Medan, Dosen Universitas, Pendidikan Indonesia, Ibu Rumah Tangga, and Kota Medan. 2022. “Pola Perilaku Ibu Rumah Tangga Sebagai Pengguna Media Sosial Di Kota Medan.” 06(1):17–28.

Sari, Dian Eka, Rudy Handoko, and Achludhin Ibnu Rochim. 2018. “Pengaruh Online Shop Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Ibu Rumah Tangga Kabupaten Mojokerto (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto).” Representamen 4(01). doi: 10.30996/representamen.v4i01.1423.

Sumartono., & Djabar, H. B. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.

Taswiyah, Taswiyah, and Ali Imron. 2021. “Persepsi Dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online/Online Shop.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):128–37. doi: 10.31294/jabdimas.v4i1.9169.

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Hamidah, N. S., & Hakim, R. J. (2023). PERAN SOSIAL MEDIA ATAS PERILAKU KONSUMTIF BELANJA BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA LEBAKSARI KEC.PARAKANSALAK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 682–686. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.618