PENGARUH PENGGUNAAN NEW MEDIA TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI PELANGGAN PADA E-COMMMERCE “TOKOPEDIA” DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.682Keywords:
Penggunaan New Media, Citra Merek, Minat Beli, TokopediaAbstract
Penelitian ini berjudul Penggunaan New Media terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pelanggan pada E-commerce Tokopedia di Kota Medan. Penelitian dilakukan karena perkembangan teknologi merubah kebiasaan manusia yang dalam hal ini kebiasaan untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Penggunaan New Media terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pelanggan pada E-commerce Tokopedia di Kota Medan. Teori yang digunakan adalah teori Attention, Interest, Desire, Decision, Action, teori new media, teori Citra Merek dan teori Minat Beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Survey ekplanatif dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil hipotesis kemudian diuji dengan uji-t. Populasi dalam penelitian ini berjumlah banyak dan tidak diketahui pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, dengan proses penarikan sampel secara purposive sampling. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan terhadap 3 (tiga) hipotesis didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan new media dengan citra merek pada e-commerce Tokopedia di Kota Medan (p= 0,000 < 0,05) dengan nilai (r = 0,578) menunjukkan tingkat hubungan sedang. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan new media dengan minat beli pelanggan pada e-commerce Tokopedia di Kota Medan (p= 0,187 > 0,05) dengan nilai (r = 0,133) menunjukkan tingkat hubungan sangat rendah. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan new media terhadap citra merek dan minat beli pelanggan pada e-commerce Tokopedia di Kota Medan (p= 0,319 > 0,05) dengan nilai (r = 0,134) menunjukkan tingkat hubungan sangat rendah.
Downloads
References
Daily Social and Veritrans. 2012. E-commerce in Indonesia. The influence of the commercial features of the Internet on the adoption. 2(3): 35-49.
Doolin, B., Dillon, S., Thompson, F. and Corner, J. L. 2005. Perceived risk, the internet shopping experience and online purchasing behavior: a new Zealand perspective. Journal of global information. 4(12): 148-166.
Durianto. 2003. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 2. New Jersey: Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lance Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Laudon, Kenneth C. dan Laudon, Jane P. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat
Nurbenny. 2005. Model-Model Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosdakarya.
O'Brien, A. James. 2005. Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Terence, A. Shimp. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
www.tokopedia.com (diakses pada tanggal 23 Maret 2019 pada pukul 16:03 WIB).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.