PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E – COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA SHOPPE DI KAB.TANGERANG)

Authors

  • Sri Nawangsari Universitas Gunadarma
  • Nanda Ariyatanti Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.592

Keywords:

Social Media Marketing, Brand Image, Fitur Layanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh social media marketing, brand image, dan fitur layanan terhadap keputusan pembelian pada e – commerce shopee pada pengguna shoppe di kab.tangerang. Serta mengetahui variabel mana yang paling dominan terhadap keputusan pembelian.Variabel independen dalam penelitian ini adalah Social Media Marketing, Brand Image, Fitur Layanan. Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Metode analisis pada penelitian ini data primer kualitatif. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji parsial (Uji T), uji simultan (Uji F) serta, uji koefesien determinasi (R2).menggunakan instrument kuisioner  dengan menggunakan  100 responden. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian dari model regresi linier berganda menunjukan dimana yang paling berpengaruh Fitur layanan  dan Social Media Marketing  selanjutnya, diikuti oleh Brand image. Dari hasil uji T untuk pengaruh Sosial media,  Brand emage dan fitur layanan berpengaruh karena T hitung > T tabel 1,985.Dari hasil uji F Sosial media,  Brand emage dan fitur layanan  berpengaruh  karena F hitung > F tabel 3,089. Sedangkan, melalui pengujian koefesien determinasi diperoleh nilai nilai R square 0,694 mengandung arti bahwa variabel social media marketing, brand image dan fitur layanan memiliki pengaruh secara bersama-sama / simultan terhadap Y sebesar 69,4% sementara sisanya 0,306 atau 30,6% berupa faktor variabel lain yang tidak masuk kedalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amijaya, G. R., & Rahardjo, S. T. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank Bca) (Doctoral dissertation, Perpustakaan FE UNDIP).

Caecilia, P. M., Kindangen, P., & Tumewu, F. (2017). The Effect of Maybelline Social Media Marketing (Facebook, YouTube, Instagram) on Consumer Purchase Decision (Case Study: Sam Ratulangi University Students). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).

Dewi, A. F., Hidayat, W., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Marlboro (Studi kasus pada perempuan perokok di kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 231-242.

Ginting, J. Y., Moniharapon, S., & Walangitan, M. D. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Pada Pt. Astra Internasional Daihatsu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Indragiri, F. Z. (2018). Kontribusi citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada ouval research di jalan sultan agung bandung (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Khairani, K. (2018). The effect of brand image and food safety on the purchase decision of samyang noodles product to the students of faculty of economics and business of university of north sumatra medan. International journal on language, research and education studies, 2(2), 266-280.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.

Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159.

Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181-189.

Mullins Jhon W, C. Orville, Jean-Claude Larreche, dan Harper W Walker Boyd. 2005. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Purwadi, F. D. (2013). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Mandiri Jalan Slamet Riyadi Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

ROHMATUN NISA, R. I. M. A. (2019). Pengaruh sosial media influencer dan trustworthiness terhadap keputusan pembelian kosmetik make over (di royal plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2).

Sunyoto, Danang. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: MedPress. (2012). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tjiptono,Fandy,2008, Strategi pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Tuten, Tracy L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Greenwood Publishing Group.

Downloads

Published

2023-03-05

How to Cite

Nawangsari, S., & Ariyatanti, N. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E – COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA SHOPPE DI KAB.TANGERANG). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 563–574. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.592