PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI DIKLAT KARSA BERBASIS KETARUNAAN DI SMK N 1 PANGANDARAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.531Keywords:
Pembentukan Karakter, Diklat Karsa, Kedisplinan, KetarunaanAbstract
Ketaruaan merupakan sistem pendidikan berbasis kemiliteran yang menerapkan prinsip-prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, namun penerapan prinsip ini bukan prinsip murni militer tetapi hanya dasar-dasar kemiliteran. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan hal yang mencakup tentang pembentukan karakter kedisiplinan siswa melalui kegiatan diklat karsa berbasis ketarunaan. Penelitian ini menggunakan penelitian desktiftif kualitatif, data yang berupa paparan dalam bentuk wawancara. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triaggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu dalam pembentukan kedisiplinan siswa disekolah melalui kegiatan diklat karsa berbasis ketarunaan mengedepankan peraturan sekolah dan program-program ketarunaan, melalui keteladanan, pembiasaan, hukuman dan penghargaan dimana peraturan sekolah dan program-program tersebut dalam penerapanya sudah dapat membantu untuk membentuk kedisiplinan siswa-siswi di SMK Negeri 1 Panganadaran hal ini dibuktikan dengan berkurangnya pelanggaran yang terjadi di sekolah tersebut.
Downloads
References
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Creswell. 2012. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Novitasari, D. (2020). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KETARUNAAN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI SMK PGRI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Edutama.
Rian, Hidayat., Abdul, Fitrah, Malik. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Siswa Terhadap Manajemen Kesiswaan Dalam Mewujudkan Perilaku Disiplin Siswa: J-Staf Vol.1 (415-435)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. 2016. Jakarta: Sinar Grafika.
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61-71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.