IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SMK PASUNDAN CIJULANG

Authors

  • Aslih Wahidin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Pangandaran
  • Budi Yaya Suryadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Pangandaran
  • Gina Chintia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.526

Keywords:

Manajemen, Kelas, Efektif

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat besar terhadap suksenya pembelajaran di sekolah. Kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas merupakan dua kegiatan pokok yang harus guru lakukan di dalam kelas. Pembelajaran efektif bertujuan agar siswa mengalami perubahan secara menyeluruh yang pembelajarannya berasal dari lingkungan belajar dan pengalaman siswa. Pembelajaran akan terlaksana dengan efektif dan lancar jika ditentukan oleh aturan dan prosedur yang jelas serta mengakomodasi kepentingan belajar. Tanpa adanya aturan dan prosedur maka awal proses pembelajaran akan sulit berjalan secara efektif. SMK Pasundan Cijulang memiliki sembilan kelas dengan tiga jurusan disetiap tingkatnya. Penilaian standar proses yang erat kaitanya dengan pembelajaran efektif memiliki nilai yang cukup tinggi dalam penilaian akreditasi SMK Pasundan Cijulang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana implementasi manajemen kelas dalam proses pembelajaran yang efektif di SMK Pasundan Cijulang. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian kualifikasi akademik guru di SMK Pasundan Cijulang belum seluruhnya memenuhi standar kualifikasi. Manajemen kelas di SMK Pasundan Cijulang dilaksanakan cukup baik dengan menjalankan fungsi manajemen dari mulai perencanaan, pengorganiasian, pelaksanaan dan pengawasan. Pemenuhan indikator pembelajaran efektif juga dilaksanakan dengan cukup baik dan cermat. Pemenuhan indikator dimulai dari pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pelajaran, sikap positif terhadap peserta didik, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, sampai hasil belajar peserta didik yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Salabi. 2016. “Konsepsi Manajemen Kelas: Masalah Dan Pemecahannya.” Kependidikan 5 (2): 69–79. https://www.academia.edu/download/55997993/Artikel_Salabi-fix.pdf.

Amalia, Husna. 2019. “Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 8 (2): 150–73. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/160/61.

Arfani, Junita W., and Sugiyono Sugiyono. 2014. “Manajemen Kelas Yang Efektif: Penelitian Di Tiga Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 2 (1): 44–57. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2408.

Magdalena, Ina, Ayu Wahyuni, and Davina Dewi Hartana. 2020. “Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di SDN 1 Tanah Tinggi.” Edukasi Dan Sains 2 (01): 366–77. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Pujiman, Pujiman, Rukayah Rukayah, and Matsuri Matsuri. 2021. “Penerapan Prinsip Manajemen Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan 7 (2): 124–28. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/47616.

Rahayu, Reka, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 4 (2): 220–29. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178.

Sari, Bella Puspita, and Hady Siti Hadijah. 2017. “Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 (2): 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113.

Sunhaji, Sunhaji. 1970. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2 (2): 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.

Susanto, Pendi. 2019. “Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Pendi Susanto, Produktivitas Sekolah (Bandung : Alfabeta, 2016), h. 6. 892.” Manajemen Pendidikan Islam 9 (2): 892–907.

Tinggi, Sekolah, Ilmu Tarbiyah, Nahdatul Ulama, and Alfarabi Pangandaran. 2022. “PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU ( Studi Deskrifsi Analitik Pada SD Negeri Di Wilayah Kabupaten Pangandaran )” 1 (2): 297–320.

Wahid, Abdul Hamid, Chusnul Muali, and Mutmainnah Mutmainnah. 2018. “Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2): 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Wahidin, A., Suryadi, B. Y., & Chintia, G. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SMK PASUNDAN CIJULANG . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 461–468. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.526