IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMKN 1 CIMERAK

Authors

  • Neneng Nurmalasari Manajemen Pendidikan Islam, STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Andi Setiawan Manajemen Pendidikan Islam, STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Sri Cahyani Manajemen Pendidikan Islam, STITNU Al Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.525

Keywords:

Implementasi, Full Day School, Karakter

Abstract

Karakter sangat penting bagi siswa. salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama dan menerapkan sistem full day school agar pemebentukan karakter tersebut dapat mencapai hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi full day school dalam membentuk karakter siswa (2) Masalah implementasi full day school dalam membentuk karakter siswa (3) Solusi atas masalah full day school dalam membentuk karakter siswa. Berdasarkan penelitian diatas dapat disumpulkan: (1) Full day school dalam membentuk karakter siswa dapat diimplementasikan melalui kedisiplinan yang diterapkan dalam pembiasaan, keteladanan, penguatan dengan implementasi melalui cara tersebut, pemebentukan good charater dapat tercapai (2) Masalah yang ditemukan dari implementasi full day school dalam membentuk karakter siswa yaitu terhambatnya daya kritis siswa saat penerapan disiplin (3) solusi yang diterapkan atas masalah implementasi full day school dalam membentuk karakter yaitu dengan menerapkan pada pembelajaran fun learing. Implementasi full day school dalam membentuk karakter siswa sudah sepenuhnya berhasil meskipun ditemukan masalah dalam pelaksanaanya. Namun dapat teratasi melalui solusi yang dierapkan dalam penyelanggaraan full day school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Khoiru Akhmadi. 2010. Proses Pembelajaran kreatif dan Inofativ. Jakarta: prestasi pustaka

Arifin, Zainal. 2012. Pengembangan manajemen mutu kurikulum pendidikan islam. Jogjakarta: Diva Press

Ida Nurhayati Setiyarini. 2014. Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun & Full Day School” Untuk Meningkatkan Religiuitas Peserta Didik di SDIT AlIslam Kudus.Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2 No 2, April 2014, (Online),22 November 2016.

David, M.,et. al. 2017. Peran Full Day School Terhadap Penanaman Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Penelitian dan Penalaran.4(1):712-723

Kurniawan, S. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tika Asih Nastiti, implementasi program full day school dalam pembentukan karakter anak di SD Islam Terpadu Taruna Teladan Delanggu Tahun 2015-2016, tanggal 24 April 2017

Daryanto. 2013. Implementasi pendidikan karakter disekolah. Yogyakarta: Gava Media

Naim, Ngainum. 2012 character bulding. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Aunurrahman (2016: 35) pengertian belajar mengajar.

Sulistyaningsih Wiwik. 2008. Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Azzagrafika

Sulistyaningsih wiwik. 2008. Full day school dan optimalisasi

Samani, Muchlas. 2012. Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Nurmalasari, N., Setiawan, A., & Cahyani, S. (2023). IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMKN 1 CIMERAK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 453–460. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.525