PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS VI SD PADA MATERI MAGNET
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.519Keywords:
Pengaruh, Project Based Learning, Keaktifan SiswaAbstract
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa keaktifan siswa kelas VI SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri masih rendah dalam pembelajaran. Siswa terbiasa untuk mengerjakan tugas secara tulis. Mereka mencari jawaban dengan membaca rangkuman materi yang ada di buku teks yang dipinjamkan. Agar siswa aktif dalam pembelajaran maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dalam mengaktifkan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL terhadap keaktifan siswa kelas VI SDN Sumberagung 1 Kecamatan Wates kabupaten Kediri Jawa Timur. Penelitian ini merupakan mini reseach yang menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa VI yaitu 28 siswa. Instrumen yamg digunakan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan skor rata-rata keaktifan siswa adalah 91,1 yang dapat dikategorikan sangat aktif setelah menggunakan model Project Based Learning.
Downloads
References
Addiin, I., Redjeki, T. &Ariani, S.R.D., 2014. Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi pokok larutan asam dan basa di kelas XI IPA 1 SMA N 2 karanganyar tahun ajaran 2013/ 2014. Jurnal Pendidikan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(4): 7-16
Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Na’imah, N.J., Supartono., Wardani, S.(2015) “Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa”.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja.GrafindoPersada
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta: P.T Bumi Aksara.
Suparno, A. 2006. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.