ANALISIS PROBLEMATIKA NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.509Keywords:
Nilai Karakter, Pembelajaran Bahasa Jawa, Siswa Sekolah DasarAbstract
Pendidikan pada dewasa ini lebih banyak menghasilkan kecerdasan intelektual saja, terlihat dari semakin berkurangnya empati dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga perlu dikembangkan pendidikan karakter yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa, sehingga kelak mereka bisa menjadi manusia yang bertaqwa, jujur, adil, tanggung jawab, disiplin, kreatif, dan mampu bekerja sama. Tujuan pendidikan karakter tertuang dalam muatan lokal Bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan pendidikan karakter, jenis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan karakter siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih peserta didik kelas V di SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar, tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa, guru Bahasa Jawa kelas V dan kepala sekolah SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Selanjutnya data hasil penelitian ini menjelaskan perencanaan yang dilakukan oleh guru, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran serta hasil kuesioner oleh siswa dianalisis melalui tahap penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan (1) pembelajaran Bahasa Jawa diawali dengan menyanyikan “lagu dolanan”, pada inti pembelajaran siswa belajar dengan cara membaca dan memahami materi sehingga peserta didik dapat mengambil tauladan dari cerita untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Nilai-nilai karakter pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar terdapat 5 nilai karakter, yaitu religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. (3) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Jawa adalah kurangnya pemahaman siswa tentang kosakata Bahasa Jawa dan siswa belum terbiasa menggunakan Bahasa Jawa yang baik dan benar sesuai kaidah.
Downloads
References
Aryani. 2021. Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa. http://www.majalahlarise.com/2021/08/membangun-karakter-siswa-melalui.html. Diakses:5 Desember 2022
Astuti,Fisqi S dkk. 2022. Problematika Penanaman Nilai Kesopanan untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Dasar, Proceding Universitas Muhammadiyah Surabaya, http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14915, Diakses; 3 Desember 2022
Bayu. 2019. Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. https://osf.io/preprints/inarxiv/pucw9/. Diakses 30 November 2022
Bambang. 2017. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/865. Diakses 25 November 2022
Bahri, Saiful. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah.
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/dikdasbantara/article/view/182. Diakses 25 November 2022
Cahyadi. 2018. Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa di MI Muhammadiyah Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4277/2/RAHMAN%20CAHYADI_PEMBELAJARAN%20BAHASA%20JAWA%20%20DALAM%20MEMBENTUK%20KESANTUNAN%20BERBAHASA%20%20DI%20MI%20MUHAMMADIYAH.pdf. Diakses: 5 Desember 2022
Efendi,Jauhari. 2021. Pembentukan Karakter Anak Sejak Usia Dini di PAUD, http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039, Diakses; 2 Desember 2022
Haryati,Sri. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013, https://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum.pdf, Diakses: 20 November 2022
Hendayani, 2019. Problematika Pengembangan Karakter Peseta didik di Era 4.0. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368,https://riset iaid.net/index.php/jppi/article/view/368, Diakses: 30 November 2022
Hendriana & Jacobus. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262, https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/262. Diakses 30 November 2022
Laksana, Sigit D. 2015. Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah, Muadib, Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Volume 5 No.2, DOI : 10.24269/muaddib.v5i2.67, https://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/67, Diakses: 3 Desember 2022
Niron, Maria D. 2013. Rujukan Integratif dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Volume 45 No.1, DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2247, https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2247, Diakses: 3 Desember 2022
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrasah, https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/pergub_19.pdf, Diakses: 3 Desember 2022
Putry,Raihan. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas, International Journal of Child and Gender Studies Volume 4 No.1, DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/4480, Diakses: 3 Desember 2022
Ramadani,Gina. 2020. Hubungan Kecerdasan Moral dengan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas Tinggi SDN Gugus I Kota Bengkulu, Jurnal Riset Pendidikan Dasar Volume 3 No.2, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/viewFile/14488/7122, Diakses: 5 Desember 2022
Salirawati,Das. 2021. Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jurnal Sains dan Edukasi Sains, Volume 4 No.1, https://ejournal.uksw.edu/juses/article/view/4384, Diakses: 2 Desember 2022
Setiawan, Agung. 2018. Srampangan Sadumuk Saunine untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa tentang Basa Ngoko-Krama Iinggil Bahasa Jawa. ISSN: 2580–066x, Jurnal Didaktika Vol.2 Nomor 1, https://repositori.kemdikbud.go.id/18205/1/Jurnal%20DIDAKTIKA%20Pendidikan%20Dasar.pdf. Diakses: 5 Desember 2022
Suparlan. 2021. Penguatan Pendididikan Karakter dengan Menggunakan Metode Imtaq dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar/Mi, https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq/article/download/42/37/, Dikses: 5 Desember 2022
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6#:~:text=(3)%20Wajib%20belajar%20merupakan%20tanggung,%2C%20Pemerintah%20Daerah%2C%20dan%20masyarakat. Diakses: 2 Desember 2022
Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16-31. Retrieved from https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101, Diakses: 2 Desember 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.