PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET PADA SISWA KELAS VIII DI PKBM SURYA MUDA KECAMATAN SIMPUR KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Authors

  • Misna STAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2820

Keywords:

Keterampilan Menulis Teks Berita, Model TTW (Think Talk Write), Media Internet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita melalui model think talk write dengan pemanfaatan media Internet pada siswa kelas VIII di PKBM SURYA MUDA, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah mengikuti pembelajaran ini, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII  di PKBM SURYA MUDA selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media Internet. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II juga terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran menulis teks berita, menunjukkan adanya perubahan perilaku pada siswa, serta adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 55,1 dan siklus II sebesar 75. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 20,1.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosda.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Damanik, Sondy. 2013. Pengertian Berita Menurut Para Ahli. Online. http://globallivebook.blogspot.com. Diunduh pada 15 April 2024.

Fikkriati, Nailil. 2013. Keefektifan Strategi Information Search dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi S1. Semarang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Semarang.

Hakim, M. Arif Rahman. 2009. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Semester II.

Herniningsih, dkk. 2012. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Perlakuan Model Penelitian Sosial dan Model Penelitian Hukum Siswa SMA Kelas IPA dan IPS”. Journal of Educational

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom, & Resensi Buku. Jakarta: Erlangga.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Putra, Masri Sareb. 2006. Teknik Menulis Berita & Feature. Jakarta: Indeks.

Rahardi, Kunjana. 2012. Menulis Artikel Opini dan Kolom di Media Massa. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, Ashadi, dkk. 1998. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Misna, M. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET PADA SISWA KELAS VIII DI PKBM SURYA MUDA KECAMATAN SIMPUR KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2483–2491. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2820