KAJIAN NILAI KEBANGSAAN DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN MERDEKA DI TENGAH PANDEMI KARYA ROBERTUS ADI SARJONO OWON, dkk

Authors

  • Yayang Susilawati Fakultas PISHUM, IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Robertus Adi Sarjono Owon Fakultas PISHUM, IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Maria Ermilinda Dua Lering Fakultas PISHUM, IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2634

Keywords:

Kebangsaan, Cerpen, Nilai

Abstract

Yayang Susilawati. Kajian Nilai Kebangsaan dalam Buku Antologi Cerpen Merdeka di Tengah Pandemi karya Robertus Adi Sarjono Owon, dkk, Skripsi. Maumere: Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora IKIP Muhammadiyah Maumere, 2023. Peneliti dalam penelitian ini akan membahas Kajian Nilai Kebangsaan Dalam Buku Antologi Cerpen Merdeka di Tengah Pandemi Karya Robertus Adi Sarjono Owon, dkk. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Nilai Kebangsaan Dalam Buku Antologi Cerpen Merdeka di Tengah Pandemi karya Robertus Adi Sarjono Owon, dkk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Kajian Nilai Kebangsaan Dalam Buku Antologi Cerpen Merdeka di Tengah Pandemi Karya Robertus Adi Sarjono Owon, dkk. Sumber data pada penelitian adalah Buku Antologi Cerpen Merdeka di Tengah Pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua cerpen terdapat nilai kebangsaan dari 12 judul cerpen. Nilai kebangsaan dalam Buku Antologi cerpen Merdeka di Tengah Pandemi yang meliputi: nilai religius, nilai jujur, nilai mandiri, nilai cinta tanah air, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Carole. A. (1999). A new vision for colletive bargaining.

Eliastuti, Maguna (2016).” Analisi Nilai Kebangsaan Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral.”Jurnal Pujangga.

Faot, S J .T.(2021). Analisis Nilai Sosial Dalam Novel Pulang Karya Leila, S. Chudori dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiologi Sastra).

Firwan, Muhammad. (2017).”Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral”. Jurnal Bahasa dan Sastra.

Geertz, C. (2012). Obras e Vidas-Antropologo como autor.

Hamidi, J., & Lsutfi, M. (2010). Civic Education: antara realitas politik dan implementasi hukumnya. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hendra Wijaya (2022). Aplikasi Gamifikasi Peralatan Konstruksi untuk pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi.

Ismayani, Mekar. 2018. “Analisis Nilai Moral Kumpulan Cerpen Malam Terakhir Karya Leila S. Choudori.” Jurnal Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Jobrohim (2012). Teori Penelitian Satra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendiknas, (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kosasih. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Lemhannas RI. (2013). Buku Induk tentang nilai-nilai kebangsaan Indonesia: yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa.

Nuraeni,R., Manggala, T. S., Mutmainah, N. A., & Wulandari, R. T.(2022). The Influence of Madrasah Organization Characteristics on the Principal Decision-Making. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Renan, Ernes., & Psichari, h. (1947). Oeuvres completes de Ernest Renan.

Roekhhan, dkk. (2012). “Nilai-nilai moral dalam Novel Negeri Lima Menara karya A. Fuadi”.

Rusi, Cita (2018). “Nilai Kebangsaan dalam kumpulan cerpen BH Ainun Nadjib”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulisstiwa.

Sayoga, Tomy. (2012). “Nilai-nilai moral dalam Budaya dalam Kumpulan Cerpen Robohya Surau Kami karya A.A Navis dan Kesesuaiannya sebagai bahan pembelajaran Sastra”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Srijanti, A. R. Etika Berwarga Negara 2007. Jakarta: Salemba Empat.

Sugio, T, Tanaka, S., & Inui, T. (2007). Differences between actual and imagined usage of chopsticks: an fmri study.

Suhady, l., & Sinaga, A.M. (2006). Wawasan Kebangsaan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wellek dan warnen (2014).Teori Kesusastraan: Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Susilawati, Y., Owon, R. A. S., & Lering, M. E. D. (2024). KAJIAN NILAI KEBANGSAAN DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN MERDEKA DI TENGAH PANDEMI KARYA ROBERTUS ADI SARJONO OWON, dkk. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(4), 2187–2196. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2634