HUBUNGAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPT PUSKESMAS KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Maryono Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Khairunnisak Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2578

Keywords:

Kinerja, Petugas Kesehatan, Kepuasan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kinerja pelayanan publik salah satu tuntutan yang harus dipenuhi adalah kepuasan palanggan yang dilayaninya. Termasuk puskesmas yang merupakan unit pelayanan publik juga harus mampu memberikan kepuasan kepada masyarakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja petugas kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di UPT Puskesmas Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah deskripstif analitik dengan desain penelitian yang digunakan yang digunakan adalah Cross sectional Study, dengan jumlah sampel sebanyak 44 pasien yang berkunjung ke Puskesmas. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan nilai kemaknaan (α= 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja petugas kesehatan berada pada kategori baik yaitu sebanyak 27 orang atau sekitar 61,8% dan mayoritas responden memiliki tingkat kepuasan pada kategori puas yaitu 28 orang atau 63,6%. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan pasien dengan nilai p value = 0,005 (p<0,05). Disarankan kepada Petugas Kesehatan di Puskesmas Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat khususnya untuk lebih meningkatkan lagi penerapan kinerja yang baik sesuai SOP dalam melayani pasien dan berusaha memenuhi harapan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pohan, I.S. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehata.Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan . Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.2018

Kemenkes RI. Permenkes RI no 4 tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/111713/permenkes-no-4-tahun-2019

Andriani, Aida. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Sumatera Barat: STIKes Yarsi Sumbar Bukit tinggi.Jurnal Endurance.Vol 2 No 1 .Februari 2017. Hal 45-52

Mangkunegara.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 2019

Noberta Feri, Noora Fithriana. Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 8. No 2. 2019. Hal 152-159

Erlina Puspitaloka Mahadewi, Ade Heryana, Saroh Kuswanti. Kepuasan Layanan Pasien JKN Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Kesehatan di RSIA Harapan Mulia Tangerang.Jurnal Forum Ilmiah. Vol 16, No 2. 2019. Hal 120-129

Afandi, P. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing. 2018

Selvy Afrioza, Ibnu Baidillah. Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. Jurnal : Journal Of Nursing Practice And Education. Vol 1, No 2, Juni 2021. Hal 169-180

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Maryono, M., & Khairunnisak, K. (2024). HUBUNGAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPT PUSKESMAS KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(4), 2087–2093. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2578