FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH PIMPINAN ANAK CABANG (PAC) FATAYAT

Authors

  • Ismah Universitas Nahdlatul ulama Al Ghazali Cilacap
  • Yusri Wahidah Universitas Nahdlatul ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1145

Keywords:

Facebook, Media Dakwah, PAC Fatayat NU Kesugihan

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan adanya media sosial. Ada beberapa media sosial yang digunakan masyarakat yaitu whatsapp, Instagram, facebook, youtube, twitter dan lain sebagainya. Facebook salah satu media sosial yang banyak diminati, sehingga PAC Fatayat NU Kesugihan menggunakan facebook sebagai sumber informasi tetapi juga sebagai media dalam menyampaikan kegiatan dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi facebook sebagai media penyampaian dakwah PAC Fatayat NU Kesugihan, strategi dakwah melalui facebook yang dilakukan oleh PAC Fatayat dan apa saja konten yang disebarkan oleh pac dalam menyampaikan dakwah melalui facebook. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi facebook sebagai media penyampaian dakwah bagi masyarakat agar bisa mengikuti kegiatan PAC Fatayat. Strategi dakwah melalui facebook yang dilakukan oleh PAC Fatayat yaitu membuat konten yang menarik, melayani konsultasi online dan matetri dakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD Di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Chandra, F. (2021). Social Media Marketing. Yogyakarta: Diva Press.

Dirjen PPI: survei penetrasi pengguna internet di Indonesia bagian penting dari transformasi digital, tersedia di https://kominfo.go.id (diakses tanggal 2 Desember 2021).

Gantiano, H. E. (2017). Fenomena Facebook Sebagai Sarana Komunikasi Sosial. Jurnal Dharma Duta Vol Xv.

Hanafi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. JOM FISIP , 3.

Kamus besar bahasa Indonesia. (online). Tersedia di https://kbbi.web.id/media.html. Diakses tanggal 16 november 2021

Kurniali, S. (2009). Step By Step Facebook. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Mujahidah. (2013). Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi. Komunikasi Dan Sosial Keagamaan, 5-6.

Munfaridah, T. (2017). Petunjuk Praktis Menjadi Da'i Sukses Profesional (Ilmu Dakwah). Cilacap: Ihya Media .

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 34.

Nudin, B. (2017). Peran Budaya Organisasi IPNU-IPPNU Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Di Kabupaten Sleman. El-Tarbawi, 96-97.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektifitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 214.

Setiawan, Nanda. 2018. “Pemanfaatan Media Facebook Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Studi Kasus Mahasiswa KPI Angkatan 2014)”. Skripsi Pada Fakultas Ushuludin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Metro.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisnasi. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Komunikasi, Media Dan Informatika, 1-2.

Zulfa, U. (2019). Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skripsi. Cilacap: Ihya Media

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Ismah, I., & Wahidah, Y. (2023). FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH PIMPINAN ANAK CABANG (PAC) FATAYAT. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2455–2461. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1145