PENGARUH PEMBELAJARAN GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA/SISWI KELAS V DI DESA SRIMUKTI
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1066Keywords:
Media Pembelajaran, Google Sites, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Google Sites terhadap hasil belajar matematika siswa/siswi kelas V di Desa Srimukti. Google Sites adalah produk Google yang berfungsi sebagai alat untuk membuat situs web. Hal ini memungkinkan siapa saja untuk menggunakan atau membuat Google Sites, terutama para guru yang sedang melakukan pembelajaran WFH (Work From Home). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Metode quasi eksperimen, yaitu rancangan perlakuan yang berbeda untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Google Sites, pada kelas kontrol dilakukan melalui pembelajaran offline. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir) selama jalannya penelitian. Selain itu, kuesioner dibagikan kepada kelas eksperimen untuk mengetahui reaksi siswa terhadap Google Sites. Berdasarkan pengolahan data pada penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa dampak penggunaan Google Sites terhadap hasil belajar matematika siswa diantaranya: (1) Terdapat perbedaan efek belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkannya media belajar berbasis google sites. (2) Nilai pretest dan posttest kelas eksperimen masing-masing meningkat sebesar 77,3756 poin. Sedangkan untuk kelas kontrol, hasil belajar siswa mengalami penurunan sebesar 8,44 dari rentang rata-rata 94,44 (pre-test)-86 (post-test). (3) Survei angket siswa kelas V di desa Srimukti pada situs media pembelajaran berbasis Google site mencapai 96,77 dengan kriteria sangat baik.
Downloads
References
Ahmad, Salabi. 2016. “Konsepsi Manajemen Kelas: Masalah Dan Pemecahannya.” Kependidikan 5 (2): 69–79. https://www.academia.edu/download/55997993/Artikel_Salabi-fix.pdf.
Amalia, Husna. 2019. “Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 8 (2): 150–73. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/160/61.
Arfani, Junita W., and Sugiyono Sugiyono. 2014. “Manajemen Kelas Yang Efektif: Penelitian Di Tiga Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 2 (1): 44–57. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2408.
Magdalena, Ina, Ayu Wahyuni, and Davina Dewi Hartana. 2020. “Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di SDN 1 Tanah Tinggi.” Edukasi Dan Sains 2 (01): 366–77. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Pujiman, Pujiman, Rukayah Rukayah, and Matsuri Matsuri. 2021. “Penerapan Prinsip Manajemen Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan 7 (2): 124–28. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/47616.
Rahayu, Reka, and Ratnawati Susanto. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas Iv.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 4 (2): 220–29. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178.
Sari, Bella Puspita, and Hady Siti Hadijah. 2017. “Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 (2): 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113.
Sunhaji, Sunhaji. 1970. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2 (2): 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.
Susanto, Pendi. 2019. “Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Pendi Susanto, Produktivitas Sekolah (Bandung : Alfabeta, 2016), h. 6. 892.” Manajemen Pendidikan Islam 9 (2): 892–907.
Tinggi, Sekolah, Ilmu Tarbiyah, Nahdatul Ulama, and Alfarabi Pangandaran. 2022. “PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU ( Studi Deskrifsi Analitik Pada SD Negeri Di Wilayah Kabupaten Pangandaran )” 1 (2): 297–320.
Wahid, Abdul Hamid, Chusnul Muali, and Mutmainnah Mutmainnah. 2018. “Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2): 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.