PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT PENSIUN SEJAHTERA PADA NASABAH DI PT BANK BTPN Tbk KCP X
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.996Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Keputusan PembelianAbstract
Industri perbankan mencapai tujuannya melalui banyak cara, diantaranya melalui kegiatan komunikasi pemasaran. Pada saat ini, PT Bank BTPN Tbk KCP X mengalami kenaikan jumlah nasabah secara terus menerus di saat pandemi. Selain itu, PT Bank BTPN Tbk KCP X telah memeroleh peringkat kredit teratas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni Komunikasi Pemasaran dan Keputusan Pembelian. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan. Temuan lebih lanjut akan dibahas dalam penelitian ini.
Downloads
References
Alexandrescu, M., B., & Milandru, M. (2018). Promotion as a form of communication of the marketing strategy. Land Forces Academy Review. 23 (4), 268 – 274. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/330877117_Promotion_as_a_form_of_Communication_of_the_Marketing_Strategy. Akses tanggal 18 Januari 2023, pukul 10.45.
Alfarizi. (2023). Bos BTPN Sebut Nilai Aset Perusahaan: Tercatat Nyaris Rp 200 Triliun [On-line]. Tempo.co. Tersedia pada https://bisnis.tempo.co/read/1684264/bos-btpn-sebut-nilai-aset-perusahaan-tercatat-nyaris-rp-200-triliun. Akses tanggal 20 April 2023, pukul 13.10.
Ayman, U., & Kaya, A., K. (Eds). (2020). Marketing Communication and Promotion in Health Services. Istanbul: Beta Yayincilik.
Bank BTPN. (2022). Kredit Pensiun Sejahtera. Tersedia pada https://www.btpn.com/id/produk-dan-pelayanan/pinjaman/kredit-pensiun-sejahtera.
Ekiyor, A., & Altan, F. (2020). Marketing Communication and Promotion in Health Services. London: Intech Open. Tersedia dari Research Gate.
Haloho, E., & Purba, M., L. (2018). Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk kredit pensiun di PT. Bank Sumut Kc. Kampung Lalang Medan. Jurnal Mutiara Manajemen. 3 (1), 187 – 192. Tersedia pada http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/643. Akses tanggal 23 Maret 2023, pukul 18.30.
Hanaysha. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review. 2 (1), 7 – 23. Tersedia pada https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/PRR-08-2017-0034/full/html. Akses tanggal 20 April 2023, pukul 14.20.
Iivarinen, H., W. (2017). The future of consumer decision making. European Journal of Futures Research. (14). Tersedia pada https://eujournalfuturesresearch.springeropen.com/articles/10.1007/s40309-017-0125-5. Akses tanggal 15 Desember, pukul 15.16.
Kepala Operasional PT Bank BTPN Tbk KCP X. (2022). “Wawancara Dengan Kepala Operasional PT Bank BTPN Tbk”. KCP X.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Manisha (2017). Marketing communication as a pivotal strategy for banking sector- a study of literature. IJERT. 5 (11), 1 – 6. Tersedia pada https://www.ijert.org/marketing-communication-as-a-pivotal-strategy-for-banking-sector-a-study-of-literature. Akses tanggal 22 Desember 2022, pukul 17.25.
Pramana, D., P., & Tresnati, R. (2018). Pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian di rumah makan Joei Hotplate Bandung. Prosiding Manajemen SPeSIA. 4 (1), 203 – 207. Tersedia pada https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/9343. Akses tanggal 23 Maret 2023, pukul 17.00.
Putra, M., R., & Ilhamalimy, R., R. (2021). Purchasing decision model and customer satisfaction (marketing management literature review). DIJMS. 3 (1), 202 – 211. Tersedia pada https://dinastipub.org/DIJMS/article/view/1156. Akses tanggal 23 Mei 2023, pukul 14.45.
Stankevich, A. (2017). Explaining the consumer decision-making process: critical literature review. Journal of International Business Research and Marketing. 2(6), 7-14. Tersedia pada https://ideas.repec.org/a/mgs/jibrme/v2y2017i6p7-14.html. Akses tanggal 20 April 2023, pukul 13.35.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi kedua, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Urbonavicius, S., & Dikcius, V. (2022). Importance of marketing activities in a company: the management perspective. Ekonomika. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/255441338_Importance_of_Marketing_Activities_in_a_Company_the_Management_Perspective. Akses tanggal 25 April 2023, pukul 10.45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.