ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diana Ariesanti Fakultas Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Alif Mudiono Universitas Negeri Malang
  • Slamet Arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995

Keywords:

Persepsi Guru, Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Kurikulum berperan penting sebagai suatu pedoman pembelajaran yang mencakup perencanaan kegiatan pembelajaran dalam rangka memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui serangkaian kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis lebih lanjut terhadap kurikulum merdeka, dengan fokus pada perencanaan implementasi kurikulum merdeka dan perencanaan pembelajaran pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Desain kualitatif diterapkan pada kepala sekolah, guru kelas 1, dan guru kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka memerlukan kesiapan kepala sekolah dan guru untuk mempelajari hal-hal baru. Dalam proses perencanaan, guru masih mengandalkan modul ajar yang disediakan oleh pusat. Terdapat hal-hal baru yang perlu diperhatikan dalam kurikulum merdeka, termasuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran abad ke-21 dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori. (2015). Pengertian Subjek dan Objek Penelitian. Jurnal Sistem Informasi, 3(April), 49–58.

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148.

Barlian, ujang cepi, Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225.

Duwika, K., & Janardana, M. A. (2021). Multimedia Interaktif Model Neurosains dengan Transformasi Mode Daring dan Luring di Era New Normal. Mimbar Ilmu, 26(3), 506–515. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41246.

Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi, 6(6), 6890 – 6898. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230.

I Kadek Mustika. (2022). Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis It Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 12(2), 13–22. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Insani, F. D. (2019). sejarah perkembangan kurikulum di indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.

Jasmi, K. A. (2012). Metodologi Pengumpulan Data dalam Penyelidikan Kualitatitif. Kursus Penyelidikan Kualitatif Siri 1 2012, January 2012.

Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489.

Kemendikbud, pusat penialaian pendidikat balitbang. (2018). pendidikan di indonesia belajar dari hasil PISA 2018. 021.

Kemendikbudristek. (2020). Buku Saku: Merdeka Belajar Prinsip dan implementasi pada Jenjang PendidikanSMA.

Laila, I., Marliansyah, I. S., & Wardarita, R. (2022). KURIKULUM PROTOTIPE PENDIDIKAN PARADIGMA MASA DEPAN. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan,10(2), 28. https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6157.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047.

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442.

Qomariah. (2014). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. IKIP Veteran Semarang, 2(1), 21–34.

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743.

Rachmawati, A., & Lestariningrum, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5. Prosiding SEMDIKJAR, 891– 898.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 6(1), 92–106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993.

Rustianah. (2021). Modul ajar. Sistem Hidrolik, 4789, 1–82.

Smits, L. J., Vink‐Börger, E., van Lijnschoten, G., Focke‐Snieders, I., van der Post, R. S., Tuynman, J. B., & Nagtegaal, I. D. (2022). Diagnostic variability in the histopathological assessment of advanced colorectal adenomas and early colorectal cancer in a screening population. Histopathology, 80(5), 790–798. https://doi.org/10.1111/his.14601.

Stojanovic, S., Denton, E., Lee, J., Tay, T. R., Murthee, K. G., Mahoney, J., & Hew, M. (2022). Diagnostic and therapeutic outcomes following systematic assessment of patients with concurrent suspected vocalcord dysfunction and asthma. The Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 10(2), 602–608. https://doi.org/10.1016/j.jaip.2021.10.038.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Sumiati, E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal. Jurnal Upi, 1–14, 61–74.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886.

Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/4129.

Syaputra, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa PandemiCOVID-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 208–224. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4882.

Ulama, N., & Giri, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. 1(1), 1–10.

UNICEF Indonesia. (2022). Briefing Note: The impact of COVID-19 and Recovery Strategies. Unicef Indonesia, 1–12.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.

Wicaksana, A. (2016). return on to deposit retio (LDR) terhadap variabel dependen Return On Asset (ROA). Https://Medium.Com/, 22–34.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley. Research Gate, March, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/323557072.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896–1907. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995