EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TKIT EDELWEIS SERANG TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.987Keywords:
Metode Berbicara, Kemampuan Berbicara AnakAbstract
Anak usia dini merupakan periode awal yang paling penting menentukan pertumbuhan dan perkembangan yang mengesankan. Usia dini pada anak disebut juga dengan golden age. Keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun biasanya sudah bisa mengulang kalimat sederhana, menjawab pertanyaan sederhana, dan mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, gembira, nakal, pelit, baik hati, berani baik, jelek dan sebagainya). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bercerita terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini di TKIT EDELWEIS Serang tahun 2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Design). Desain yang digunakan adalah One Group Pre-test and Post-test Design. Teknik sampling terpilih yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan teknik Total Sampling. Analisis hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berbicara pada anak usia dini, dan diperoleh p-value sebesar 0,000 (p-value <0,05 pada α = 5%), sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita efektif meningkatkan kemampuan berbicara di TKIT Edelweis. Serang pada tahun 2022. Dari hasil penelitian, 40 responden (4-5 tahun) tersebut memiliki skor kemampuan berbicara rata-rata; sebelum diberi perlakuan 23.875 (mulai berkembang) dan setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 32.800 (dihasilkan sebagai kriteria). Disimpulkan bahwa perlakuan metode bercerita berdampak pada perkembangan berbicara. Ini memberikan skor rata-rata perkembangan berbicara sebesar 8.925. Semoga metode bercerita dapat menjadi metode pilihan bagi guru dan orang tua untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak. Selain itu, bercerita dapat divariasikan dengan media apa saja seperti gambar, boneka, dan lain-lain.
Downloads
References
Ebi, S. (2017). Golden age parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner.
Wardhani dan Wihardit,dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.(Cet. 21; Ed 1).Jakarta: Universitas Terbuka
Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini pasal 1.
Peraturan Menteri Pendidikan No. 137.(2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
Robingatin & Ulfah, Zakiyah. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168-2178. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1
Tita Ariska, 2018 Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Di Paud Sahabat Desa Padang Pelasan Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma.
Kurniawan, A. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
(Chomsky via Musfiroh, 2017: 21) Psikolinguistik edukasional: psikolinguistik untuk pendidikan bahasa. Edisi Ke-2. Yogyakarta: Tiara Wacana
Irawan, I. A., Sudiana, I., & Wendra, I. (2014). "Penggunaan Film Bisu Dengan Teknik Dubbing untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Dialog Dalam Drama Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Negara". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2.
Crain, W. 2014. Teori Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
AlHammadi, F. S. (2017). Prediction of child language development: A review of literature in early childhood communication disorders. Lingua, 199, 27–35. https://doi.org/10.1016/j.lingua.2017.07.007
Iskandar, D (2012). Pendekatan Metode dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia pp.5. Retreved from http://eebookinga.com/pdf/metodepembelajran-bahasa-komunikatif-langsung
Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Elsjelyn, E. R. (2014). English Made Easy. Jakarta: Kesaint Blanc.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Buku 2: Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 11, Kementerian Pendidikan Nasional, UNY
Musfiroh, Tadkiroatun. 2017 Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Buku 2: Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 11, Kementerian Pendidikan Nasional, UNY
Imam Musbikin. 2010. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2012), h. 2.
M Fadilah, Desain Pembelajaran PAUD. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), hal. 161
Nurbiana, Dhieni dkk. Metode Pengembanga Bahasa.. (Jakarta : Universitas Terbuka,2016), hlm.124
Lilis.Madyawati, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.( Jakarta: Prenada MediaGroup, 2016), hal.168
Kemendikbud, (2014) Bahasa Indonesi Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian dan Kebudayaan
Anita Yus. (2015). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Windriantari Saputri (2015) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok A Di TK Bener Yogyakarta”
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013), Hal. 6
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016), Hal. 44
mama, Cheklist Indikator Perkembangan Anak 0-6 Tahun,( Jakarta: Pusat Kurikulum Diknas, 2007), Hal. 52-55
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.