HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS CINERE, KOTA DEPOK TAHUN 2023

Authors

  • Nolisa Sutrisnawati Universitas Indonesia Maju
  • Agustina Sari Universitas Indonesia Maju
  • Retno Sugesti Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.985

Keywords:

Kelas Ibu Hamil, Pengetahuan, Sikap, Dukungan keluarga Serta Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil

Abstract

Ibu hamil diharapkan memiliki pengetahuan tentang kehamilan, persalinan dan perawatan bayi. Upaya peningkatan derajat KIA dengan pembentukan dan pelaksanaan kelas ibu hamil. Sejak Pandemi pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Cinere ditiadakan Komitmen Puskesmas “Zero untuk AKI/AKB” namun pada tahun 2021 terjadi AKI dan AKB. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil, Sikap, Dan Dukungan Keluarga terhadap Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil di wilayah kerja Puskesmas Cinere, Kota Depok tahun 2023.Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan menggunakan desain Cross Sectional Study Sample yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 82 orang. Dapat disimpulkan bahwa dari 82 responden yang ikut serta sebanyak 60 responden (73,2%), pengetahuan baik sebanyak 67 responden (81,7%). sikap baik sebanyak 64 responden (78.0%). mendukung sebanyak 45 responden (54,9%). Hasil uji statistik Chi-square pada pengetahuan ibu hamil diperoleh nilai P-value 0,03 dimana nilai P-value α (0,05) pada sikap diperoleh nilai P-value 0,000 dimana nilai P-value α (0,05) pada dukungan keluarga diperoleh nilai P-value 0,02 dimana nilai P-value α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa antara variabel terdapat hubungan yang bermakna.Setelah dilakukan penelitian bahwa ada hubungan pengetahuan ibu hamil, sikap, dukungan keluarga terhadap keikutsertaan kelas ibu hamil di wilayah kerja UPTD PKM Cinere, Kota Depok. Dan diharapkan dengan diadakannya kembali kelas ibu hamil dapat menurunkan AKI dan AKB. Dari penelitian ini bisa menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya serta menambah wawasan kesehatan ibu dan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halisçelik E, Soytas MA. Sustainable development from millennium 2015 to Sustainable Development Goals 2030. Sustain Dev. 2019;27(4):545–72.

Miyatun S. HUBUNGAN MASSAGE LAKTASI DENGAN PENINGKATAN PRODUKSI ASI DI GRIYA SEHAT BUNDA DEPOK JAWA BARAT TAHUN 2022. 2023;

Kemenkes R. pedoman pelayanan kontrasepsi dan keluarga berencana. 2021.

Kemenkes R. PEDOMAN KELAS IBU. Jakarta: Alpabeta; 2017.

Kelas P, Hamil IBU. No Title. 2019;1:86–95.

Depok DK. Profil Kesehatan Kota Depok Tahun 2020.

Depok CPK. Profil Kesehatan Puskesmas Cinere. 2021.

Fitriani E, Dewita D. METODE PEMBELAJARAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PERAWATAN KEHAMILAN, PERSALINAN DAN NIFAS. J Kebidanan Malahayati. 2021;7(4):731–7.

Ilmiyani SN. Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kesehatan Kehamilan Di Uptd Puskesmas Bagu. J Med Hutama. 2021;

Yusmaharani Y. Hubungan Dukungan Suami dengan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil. J Kesmas Asclepius. 2019;1(2):86–95.

Kota Depok CP. Profil Kesehatan Puskesmas Cinere Tahun 2021. 2021.

Vitri Yuli Afni Amran. Analisis Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan Senam Hamil Terhadap Proses Persalinan. Anal Tingkat Keberhasilan Pelaks Senam Hamil Terhadap Proses Persalinan. 2020;Vol 10, No.

Cholifah S, Kusumawardani PA, Mariyati LI, Yuana SS. Pendampingan Kelas Ibu Hamil Dimasa Pandemi Covid. J Abadimas Adi Buana. 2021;5(01):12–9.

Rahmi J, Romlah SN, Listiana I, Handayani P, Darmayanti D, Arimurti IS, et al. Kesehatan Ibu Dan Anak Di Era Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). JAM J ABDI Masy. 2020;1(1).

Azissah D, Wulandari D. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Peran Bidan dalam Pemantauan dan Deteksi Dini Resiko Tinggi Kehamilan. J Keperawatan Silampari. 2018;2(1):184–202.

Ibu S, Dan H, Suami D, Keikutsertaan D, Hamil IBU. No Title. 2013;

Siyoto S, S MAS. Dasar Metedologi Penelitian. Literasi Media Publishing. 2015.

Arifin Z. Metodologi penelitian pendidikan. J Al-Hikmah. 2020;

HR HSC. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Penebar Media Pustaka; 2018.

Wawan Kurniawan S, Aat Agustini S. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan. 2021.

Wawan Kurniawan S, Aat Agustini S. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keperawatan.

Kaspirayanthi NKD, Suarniti NW, Somoyani NK. Hubungan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Tanda Bahaya Dalam Kehamilan Di Kota Bogor. J Kesehat Reproduksi. 2019;7(2):12.

Imanah NDN, Aksari ST. Dukungan Suami Dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Pada Kelas Ibu Hamil Di Era New Normal. J Bina Cipta Husada. 2021;17(2):132–43.

Adiputra IMS, Trisnadewi NW, Oktaviani NPW, Munthe SA, Hulu VT, Budiastutik I, et al. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis; 2021.

Masturoh & Anggita 2018. metedeologi penelitian. 2018.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Sutrisnawati, N., Sari, A., & Sugesti, R. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS CINERE, KOTA DEPOK TAHUN 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1930–1941. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.985