PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.752Keywords:
Permainan Engklek, Tunarungu, Belajar MatematikaAbstract
Kesulitan siswa kelas 5 tunarungu di SLB Negeri Seduri yang berjumlah 5 siswa dalam pembelajaran matematika pada tujuan pembelajaran ke 2 dan ke 3 yaitu kesulitan memahami penjelasan secara verbal dalam operasi bilangan bulat yaitu penjumlahan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, keefektifan adan respon siswa dalam pengembangan model permainan engklek. Jenis penelitian ini adalah Research and development ( R & D ). Produk pengembangan dalam penelitian ini adalah pengembangan dari permainan tradisional engklek menjadi permainan yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika. Prosedur dalam penelitan pengembangan ini adalah Four D Models ( Model 4D ) yaitu Define. Desigh. Development and Dissemination. Dengan menggunakan mixed metods. Pengembangan model permainan engklek dilakukan di SLBN Seduri Mojokerto pada bulan Juli – September semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, Sumber data penelitan ini adalah siswa kelas 5 tunarungu sebagai subyek yang berjumlah 5 siswa.. Hasil validasi ahli diperoleh persentase validitas nya sebesar 80, pengembangan model permainan englek diperoleh nilai respon siswa sebesar 78, hasil analisis penghitungan diperoleh hasil 0,52 termasuk sedang, menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil pembelajaran 1 kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil kelas kontrol pembelajaran 1, begitu juga dengan rata-rata nilai hasil pembelajaran 2 kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil kelas kontrol pembelajaran 2. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil media pembelajaran yang digunakan telah efektif
Downloads
References
Ahmad Susanto 2016,” Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar” PRENADAMEDIA GROUP. Jakarta
Asih Suryani. 2013 ” Pete ( Permainan Tradisional Engklek) Sebagai Alternatif Metode Pengajaran Matematika Pada Kurikulum 2013” Prosiding Seminar Pendidikan Dasar Membeda kurikulum. Hal 75
Dian Permana. 2017.” Hubungan minat belajar dan hasil belajar permainan tradisional engklek mata pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan.” Journal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani. Hal 95
Hery Agus Susanto 2015 . “ Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif”. Deepublish. Jogjakarta
Irwan P. Ratu Bangsawan 2021. “ Diretori Permainan Tradisional Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan” Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.
Muhammad Fathurrohman.2016.” Belajar dan Pembelajaran Modern; Konsep Dasar, Inovativ dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca. Jogjakarta
Mukhtar Latif.2016.” Orientasi Pemahaman Ke Arah Filsafat Ilmu”. PRENADAMEDIA. Jakarta.
Pamuji Setyosari. 2016.” Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.” PRENADAMEDIA. Jakarta.
Siti Fatimah. 2009.” Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan.” DAR! Mizan cetakan 1
Sukismiyati Theresa. 2017.” Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Tokoh Pejuang Pada Era Penjajahan Menggunakan Metode Bermain.” Journal Pendidikan Konvergensi, edisi April hal 136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.