PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU

Authors

  • Zakiyah SLBN Seduri Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.752

Keywords:

Permainan Engklek, Tunarungu, Belajar Matematika

Abstract

Kesulitan siswa kelas 5 tunarungu di SLB Negeri Seduri yang berjumlah 5 siswa  dalam pembelajaran matematika pada tujuan pembelajaran ke 2 dan ke 3 yaitu kesulitan memahami penjelasan secara verbal  dalam operasi bilangan bulat yaitu penjumlahan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, keefektifan  adan respon siswa  dalam pengembangan model permainan engklek. Jenis penelitian ini adalah  Research and development  ( R & D ). Produk pengembangan dalam penelitian ini adalah  pengembangan dari permainan tradisional engklek menjadi permainan yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika. Prosedur dalam penelitan pengembangan ini adalah Four D Models ( Model 4D )  yaitu  Define. Desigh.  Development  and  Dissemination. Dengan  menggunakan  mixed metods. Pengembangan model permainan engklek dilakukan  di SLBN Seduri Mojokerto pada bulan Juli – September  semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, Sumber data penelitan ini adalah  siswa kelas 5 tunarungu sebagai subyek yang berjumlah 5 siswa.. Hasil validasi ahli diperoleh persentase validitas nya sebesar 80, pengembangan model permainan englek  diperoleh nilai respon siswa sebesar 78, hasil analisis penghitungan diperoleh hasil 0,52 termasuk sedang, menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil pembelajaran 1  kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil kelas kontrol pembelajaran 1, begitu juga dengan rata-rata nilai hasil pembelajaran 2 kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil kelas kontrol pembelajaran 2. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil media pembelajaran yang digunakan telah efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto 2016,” Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar” PRENADAMEDIA GROUP. Jakarta

Asih Suryani. 2013 ” Pete ( Permainan Tradisional Engklek) Sebagai Alternatif Metode Pengajaran Matematika Pada Kurikulum 2013” Prosiding Seminar Pendidikan Dasar Membeda kurikulum. Hal 75

Dian Permana. 2017.” Hubungan minat belajar dan hasil belajar permainan tradisional engklek mata pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan.” Journal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani. Hal 95

Hery Agus Susanto 2015 . “ Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif”. Deepublish. Jogjakarta

Irwan P. Ratu Bangsawan 2021. “ Diretori Permainan Tradisional Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan” Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.

Muhammad Fathurrohman.2016.” Belajar dan Pembelajaran Modern; Konsep Dasar, Inovativ dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca. Jogjakarta

Mukhtar Latif.2016.” Orientasi Pemahaman Ke Arah Filsafat Ilmu”. PRENADAMEDIA. Jakarta.

Pamuji Setyosari. 2016.” Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.” PRENADAMEDIA. Jakarta.

Siti Fatimah. 2009.” Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan.” DAR! Mizan cetakan 1

Sukismiyati Theresa. 2017.” Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Perjuangan Tokoh Pejuang Pada Era Penjajahan Menggunakan Metode Bermain.” Journal Pendidikan Konvergensi, edisi April hal 136.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Zakiyah, Z. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1356–1365. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.752