PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGENALAN BAGIAN TUMBUHAN SISWA TUNARUNGU KELAS 3 DI SLBN SUMBANG BOJONEGORO MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.705Keywords:
Hasil Belajar IPA, Pendekatan lingkungan Alam Sekitar, TunarunguAbstract
Permasalahan yang dihadapi siswa sekolah dasar kelas 3 di SLBN Sumbang Bojonegoro ialah rendahnya prestasi belajar IPA, dibuktikan dengan nilai KKM yang belum mencapai 65%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan pendekatan lingkungan alam sekitar dalam mengenal bagian tubuh tumbuhan bagi siswa tunarungu ringan kelas 3 di SLBN Sumbang Bojonegoro . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa tunarungu kelas 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dalam mengenal bagian tubuh tumbuhan bagi siswa tunarungu ringan kelas 3 di SLBN Sumbang Bojonegoro . Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan tercapainya KKM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 65%. Sebelum diberikan tindakan, terlebih dahulu peneliti memberikan beberapa soal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Adapun nilai post test siklus 1 IRP memperoleh skor 61 dengan pencapaian 76,25 %, RDP memperoleh skor 56 dengan pencapaian 70,00 %, sedangkan MSR memperoleh skor 56 dengan pencapaian 06,00 % . nilai post test siklus 2 IRP memperoleh skor 72 dengan pencapaian 90,00 %, RDP memperoleh skor 72 dengan pencapaian 70,00 %, sedangkan MSR memperoleh skor 69 dengan pencapaian 86,25 % Peningkatan pada siklus II terjadi karena pemberian bimbingan pada masing-masing siswa secara bertahap dengan pengulangan agar siswa lebih mudah mengingat sehingga dapat mengerjakan soal secara mandiri. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar, prestasi belajar IPA pada siswa tunarungu ringan kelas 3 di SLBNN Sumbang Bojonegoro meningkat
Downloads
References
Agustin, Sri Mulyani, Sulistiyono. SS. 1999, Buku Pintar Ilmu pengethuan Alam untukSD, SMP, SMA. Semarang.AnekaIlmu.
AriefS.Sadiman,Raharja.1984.MediaPendidikan.Jakarta.PT.RadjaGrafindo Persada.
Azhar, Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.-----------------. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi Dasar SDLB.BambangSarwiji.2006.CetakanPertama.KamusPelajarBahasaIndonesiaUntukSD. Jakarta. GanecaExcat
BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Managemen PendidikanDasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SDLB 2006.StandarKompetensiDasar SMPLB Tunarungu.
E. Mulyasa. (2006). Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hamzah & Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PALIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanto. (2014). Pengertian Prestasi Belajar. Diakses dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-prestasi-belajar/ pada 02 Juni 2014.
Lani Bunawan dan Cicilia Susila Yuwati. 2000. Penguasaan Bahasa SiswaTunarungu.Jakarta. Yayasan Santri Rama
Lily Barlia. (2006). Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rinea Cipta
Maslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat.
Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Moh Amin. (1995). Ortopedagogik Siswa Tunagrahita. Bandung: Direktorat jendral pendidikan tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Mohammad Efendi. (2006). Pengantar Psikopedagogik Siswa Berkelainan.
Malang: Bumi Aksara
M. Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nini Subini. (2012). Panduan Mendidik Siswa dengan Kecerdasan di Bawah Rata- rata. Yogyakarta: Javalitera.
Oemar Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara Patta Bundu. (2006). Penilaian Ketrampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam
Pembelajaran Sains – SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi
Direktorat Ketenagaan.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rochiati Wiriaatmadja. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
-------------------------. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aditya Media Surjani Wonorahardjo. (2010). Dasar-Dasar Sains Menciptakan Masyarakat
Sadar Sains. Jakarta: Indeks
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Usman Samatowa. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar.
Jakarta: Direktorat Ketenagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Pengembang MKDP. (2011). Kurikulun dan Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada
Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama WIBya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.