PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PIAUD STAI DARUL ULUM KANDANGAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521Keywords:
Penguasaan Kosakata, Keterampilan BerbicaraAbstract
Penelitian yang berjudul “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbicara” Sebuah Penelitian Tindakan di Kelas Mahasiswa PIAUD STAI Darul Ulum Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan adalah suatu penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara mahasiswa PIAUD STAI Darul Ulum di Kandangan. Penelitian ini dilakukan pada 20 mahasiswa yang dilakukan pada tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau Action Research dengan analisis data survei. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Hasil penelitian selama dua siklus memperlihatkan adanya peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui keterampilan membaca. Hasil tes awal (pretes) menunjukkan nilai rata-rata 45, tes di akhir siklus pertama menunjukkan nilai ratarata 61, dan tes di akhir siklus kedua nilai rata-rata mahasiswa mencapai 80,6. Berdasarkan indikator keberhasilan, nilai tes rata-rata mahasiswa pada siklus kedua yang mencapai 80,6 menandakan bahwa penggunaan permainan kata sebagai teknik pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara mahasiswa.
Downloads
References
Adawiyah. Teka-teki Silang sebagai Salah Satu Teknik untuk Meingkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Menengah Pertama. Skripsi. Jakarta: Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. 1987.
Aslinda dan Leni Syafyahya. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama. 2007.
Dewi Pramesti, Utami. Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN I Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat melalui Permainan Kata. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2006.
Gulo, W. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo. 2005.
Harefa, Andrias Harefa. Pemberdayaan Diri, Transformasi Organisasi, dan Masyarakat Lewat Proses Pembelajaran. Jakarta: Kompas. 2006.
Kasno. Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata. Jakarta: Pusat Bahasa. 2004.
Rahmadalia, Neng Lia. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Medan Makna di SD Kutajaya I Tangerang. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2004.
Sumardi. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Grasindo .2000.
Tarigan, Hendry Guntur. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa. 1993.
Tartono. St. S. Menulis di Media Massa Gampang! Tips untuk Menulis di Media Massa Cetak. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama. 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.