Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nurul Awalia Julianti Universitas Muhammadiyah Bone
  • H. Sandi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Haeril Haeril Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v4i11.4942

Keywords:

Media Pembelajaran, PowerPoint, Hasil Belajar, Kuantitatif, Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran PowerPoint dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pendekatan eksperimen yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Pree-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design, Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XIII SMP Negeri 3 Lappariaja dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunaka Soal test. Data diperoleh melalui tes. Hasil Pree-Test menunjukkan rata-rata nilai siswa adalah 6,73, sementara setelah penerapan media PowerPoint, rata-rata nilai Post-Test meningkat menjadi 9,08. Analisis hipotesis menggunakan uji Paired Samples t-test menunjukkan nilai p < 0,001, yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media PowerPoint. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PowerPoint terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Dasar, S., Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 1800–1809.

Dasar, S. S. (2023). 1 2 3 4. 2(8), 919–930.

Elementary, J. (2022). Penerapan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 5(1), 41–44.

Fadilah, A., & Kanya, N. A. (2023). Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm

Menurut Anggraeni dan Irviani (2017, 13). (2019). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://kbbi.web.id/preferensi.htmlDiakses

Miftakhul Muthoharoh. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66

Millah, H., & Suryana, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan ). 6(2), 134–142.

Misbahul, S., Gumawang, U., Jl, B., Desa, I., & Merah, T. (n.d.). Pengenalan Klasifikasi , Karakteristik , Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati Abstrak. 162–175.

Mubtadiin, J. (2021). Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021. 7(01), 247–264.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Nuryanti, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Power Point di SD Negeri Inpres 2 Koya Barat. 1(6), 1311–1316.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Prasinto, B. R. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Sd N Cimpon Kelas Ii Tahun 2021 / 2022. 2(3).

Saepul Hidayat, A., Badriah, L., Maryati, R., & Studi Administrasi Pendidikan, P. (2024). Efektivitas Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 222–234. https://jurnal.umbulukumba.ac.id/index.php/jpss/article/view/191

Sihombing, Y. Y. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring pada Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 187. https://doi.org/10.29210/30031124000

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Visual, M. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo. 2(1), 86–97.

Widyardi, T., Sulianto, J., Azizah, M., & Kurniasari, N. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Kelas 4 di SD Negeri Sawah Besar 01. 7(2019), 4567–4573.

Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. 3(2), 109–113.

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. 1(2), 26–32.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Julianti, N. A., Sandi, H., & Haeril, H. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 4(11), 3636–3648. https://doi.org/10.55681/sentri.v4i11.4942