Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Sosial Melalui Kemampuan Bersosialisasi Siswa di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v4i8.4442Keywords:
Role of Teachers, Social Character, Socialization SkillsAbstract
This research is motivated by the decline in students' ability to socialize, interact, and establish healthy social relationships. Many students tend to be individualistic, lack empathy, and have difficulty in positive communication. The purpose of this study is to describe the role of teachers as educators, facilitators, and mentors in shaping social character through students' socialization skills at MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. The approach used is a qualitative field research type with observation, interview, and documentation techniques. Data analysis was carried out through reduction, presentation, and drawing conclusions. The results show that the role of teachers as educators is realized through role models, moral value learning, and continuous development, as well as collaboration with families and the community. As facilitators, teachers provide facilities, support, and create a conducive learning environment through collaborative methods. As mentors, teachers direct and guide students according to their character and abilities through classical and individual guidance. Habits carried out by teachers are expected to shape social character through students' socialization skills.
Downloads
References
Abd Rahman BP, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa. 2(1). 2-4.
Abidin, A. Mustika. (2018). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplindalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. Jurnal An-Nisa. 11(1). 355.
Aliyyah, Rusi Rusmiati. (2021). Karakteristik Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Inklusif. (Bogor: Universitas Djuanda).
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan. 12(2).118.
Arifah, Dinil, et al. (2025). Strategi Efektif Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1). 217.
Asnawi, Khakam Umam. (2017). Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam Untuk Membantu Meningkatkan Bersosialisasi dan Adaptasi Siswa di Sekolah. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 14(1). 7-8.
Barizi, Ahmad dan Muhammad Idris. (2010). Menjadi Guru Unggul. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Basyori, Sansan Ihsan. (2025). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dalam Dunia Pendidikan Modern. Journal Syntax Idea. 7(4). 563.
Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk Mengembangkan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum. 14(1). 271.
Irama, Debi, et al. (2024). Implementasi Teori Belajar Sosial Menurut Albert Bandura dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Literasiologi. 12(4). 132.
Julita, Riska. (2021). Peran Guru dalam Penanaman Karakter Peduli Sosial pada Siswa MIN 20 Aceh Besar. (Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh).
Julita, Riska. (2021). Peran Guru dalam Penanaman Karakter Peduli Sosial pada Siwa MIN 20 Aceh Besar. (Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh).
Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. (Jakarta: Grafindo Persada)
Mujinem dan Sekar Purbarini Kawuryan. (2013). Efektivitas Metode Permainan dalam Pendidikan Nilai dan Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 6(2). 2.
Nanda, Ulfa Fitria dan Dodi Pasilaputra. (2024). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Membentuk Etika Pergaulan Siswa dalam Berkomunikasi di MTSM Lawang Tigo Balai. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu. 2(1). 346.
Nisa’, Afifah Khoirun. (2019). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya. 8(2). 21.
Panjaitan, Hendripal dan Febi Hafizzah. 2025. Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(1). 334-335.
Retnaningtyas, Wahyu dan Zulkarnaen. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(1). 375.
Robbin, Stephen et al. (2008). Prilaku Organisasi. (Jakarta: Salemba Empat)
Saleh, Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif. (Bandung: Pustaka Ramadhan).
Saputra, Agra Dwi. 2022. Peran Guru dalam Mengampu Tugas Bimbingan dan konseling di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 6(2). 392.
Seha, Khandik Nor. (2013). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Ditinjau Dari Mata Pencaharian Orang Tua Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. 01(01). 30.
Shidiq, Haekal Syahri Aufa dan Mohamad Joko Susilo. (2025). Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Pembentukan Karakter Siswa di MI Pelita Insani Kabupaten Banjarnegara. Ta’lif: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. 1(1). 7.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). (Bandung: Alfabeta).
Suparlan. (2005). Menjadi Guru Efektif. (Yogyakarta: Hikayat Publishing).
Susanto, Heri. (2020). Profesi Keguruan. (Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Tetep. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Sosial Siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS dalam Konteks Perspektif Global. Jurnal PETIK. 2(2). 43.
Wardati, Zahrul. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling, DAYAH: Journal of Islamic Education. 2(2). 261-280.
Widodo, Agung. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan.Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021.
Wojowasito Dan Poerwadarminta. (1982). Kamus Lengkap Inggeris-Indonesia Indonesia Inggris, (Bandung: Hasta).
Wulandari, Indri Yuli dan Suhertina. (2020). Pemecahan Masalah Kedisiplinan Melalui Konseling Individual dengan Teknik Pemberian Nasihat. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan: JAKP. 1(1). 33
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. (Jakarta: Prenadamedia Group).
Zulfatunnisa, Shobrina dan Lu’luil Maknun. (2022). Pentingnya Peran Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 7(2). 200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ima Yayang Nofeliu, Hamidah Abdul Shomad Elfin Nikmati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.