PERAN SENSOR OLFACTORY DALAM MEMUNCULKAN EMOSI PERASAAN DAN KENANGAN: EKSPLORASI FRAGRANCE DYNAMICS DALAM MEREKAM KEMBALI MEMORI WAKTU
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.3003Keywords:
Bau, Wewangian, Komunikasi, Cinta, Memori, IngatanAbstract
Manusia sebagai makhluk hidup yang paling berkembang, memiliki sistem penciuman yang sangat aktif dengan puluhan bahkan ratusan reseptor penciuman yang beragam. Kompleksitas ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan indra lainnya dalam hal jumlah rangsangan fisik yang berbeda dan juga makhluk hidup lainnya. Kemampuan manusia untuk membedakan berbagai bau, secara konsisten mengidentifikasinya, dan memunculkan kenangan tentang peristiwa romantis tertentu, sangat terkait erat. Aroma dapat mempengaruhi cara kita menarik perhatian orang di sekitar kita. Dalam beberapa situasi, pria dapat tertarik pada wanita yang menggunakan produk dengan aroma yang meningkatkan hasrat seksual. Di sisi lain, wanita cenderung tertarik pada pria yang memiliki aroma alami yang serupa dengan aroma mereka sendiri
Downloads
References
Axel, R. (1995). The molecular logic of smell. Scientific American, 273(4), 154–159.
DeVito, J. A. (2013). Interpersonal communication book, The, 13/E. New York, NY: United.
Gamble, T. K., & Gamble, M. W. (2012). Leading with communication: A practical approach to leadership communication. Sage Publications.
Hamidi, D., & Si, M. (2007). Metode penelitian dan Teori komunikasi. Pendekatan Praktis Penulisan.
Herz, R. S., & Inzlicht, M. (2002). Sex differences in response to physical and social factors involved in human mate selection: The importance of smell for women. Evolution and Human Behavior, 23(5), 359–364.
Lawrence Neuman, W. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Schacter, D. L. (2012). Adaptive constructive processes and the future of memory. American Psychologist, 67(8), 603.
Warrenburg, S. (2005). Effects of fragrance on emotions: Moods and physiology. Chemical Senses, 30 SUPPL. 1. https://doi.org/10.1093/chemse/bjh208
Webster, L., & Mertova, P. (2007). Using narrative inquiry as a research method: An introduction to using critical event narrative analysis in research on learning and teaching. Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Bayu Faqih, Riza Fahlapi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.