PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2964Keywords:
E-commerce, Ulasan Pelanggan, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Dalam era e-commerce yang semakin berkembang, interaksi antara ulasan pelanggan online dan kualitas produk memainkan peran penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen di marketplace. Artikel ini membahas pentingnya pemahaman tentang hubungan ini dalam konteks pembelian online. Pendahuluan memberikan gambaran umum tentang e-commerce, pertumbuhan marketplace, dan peran ulasan pelanggan serta kualitas produk dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis interaksi antara ulasan pelanggan online dan kualitas produk serta dampaknya terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis literatur dan penelitian terkait yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan yang positif dapat memperkuat persepsi konsumen tentang kualitas produk dan membentuk citra merek yang baik, sementara ulasan negatif dapat mengurangi kepercayaan konsumen dan mempengaruhi keputusan pembelian. Kualitas produk yang baik juga dianggap sebagai faktor utama dalam meningkatkan kepuasan konsumen, membangun reputasi merek yang kuat, dan mempengaruhi daya saing merek dalam pasar.
Downloads
References
Anasrulloh, M., W.H., M., & Haliza, H. (2024). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Market Place Shopee. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 13-18.
Ardianti, A.N. and W. Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 55-66
Fauziah, Y. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, Vol. 1 (1)
Fitri Yanti, R., Wahyudi, H., & Amrullah, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Marketplace Blibli di Kota Padang. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 376–386.
Hasanah, U. ., Pudjoprastyono, H., & Izaak, W. C. . (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 6956–6963.
Nainggolan, R.A & David Humala Sitorus. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 23(2), 49–59.
Nuraeni, Yuni Siti; Irawati, Dwi. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa UBSI). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, v. 9, n. 4, p. 439-450
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jumawan, Edy Soesanto, Fajar Cahya, Cinka Amalia Putri, Selvia Annisa Permatasari, Sabrina Setyakinasti, Merry Louis Ottay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.