PENTINGNYA PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENCIPTAKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI PANCASILA DI MIN 1 HULU SUNGAI TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2931Keywords:
Pancasila, Moral, KarakterAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena permasalahan lunturnya nilai moral generasi bangsa yang dimiliki oleh peserta didik di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah.Pendidikan merupakan salah satu cara dalam menanamkan moral tersebut kepada peserta didkk dengan memlalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya penanaman moral pada peserta didik melalui pembelajaran pancasila di Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dan metode kualitatif dengan mengumpulkan data kepustakaan dari berbagai sumber dalam jurnal ilmiah yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pentingnya pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar dalam menanamkan moral kepada peserta didik melalui penanarnan nilai- nilai positif yang didasarkan oleh nilai yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, diperlukan peran guru dalam mendidik dan memberikan motivasi kepada siswa untuk menjadi generasi yang berakhlak baik di masa kini maupun dimasa yang akan datang. Maka dari itu pendidikan kewarganegaraan sangat berdampak postif dalam upaya penanaman moral pada peserta didik dalam berperilaku sebagai warga negara yang baik.
Downloads
References
Abdullah, Rozali, 1984, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, CV. Rajawali, Jakarta.
Darmadi, Hamid.2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Daryanto. and Sutarmi, D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. Dharma, K., dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dharma, K., dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dodo, Surono dan Endah (ed.), 2010, Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta.
Hamid S, Pancasila sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara, BP 7 Pusat, Jakarta, 1991.
Ika,AS.(2022).Implementasi Pendidikan Nilai Moral dan Karakter dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar.Jurnal Horas : 1-8.
Kaelan, 2012, Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Samani, Mukhlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijang,PSA.(2021). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menamakan Moral Peserta Didik di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Tambusai,5(3):9045-9053.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.