PERAN BIG DATA DALAM INTELLIGENCE BUSINESS PADA PERKEMBANGAN E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2903Keywords:
Big Data, E-commerce, Inteligensi Bisnis, Pengambilan KeputusanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Big Data pada Perkembangan Perusahaan E-Commerce dan strategi perusahaan dalam mengambil keputusan dengan mengandalkan Big Data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang bersumber dari buku literatur yang sinkron dengan teori-teori yang diteliti, dan juga menganalisis artikel-artikel ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Big Data dalam industri e-commerce dengan memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan strategi bisnis memberikan dampak positif baik bagi konsumen maupun perusahaan. Pemanfaatan Big Data memungkinkan perusahaan e-commerce untuk menganalisis perilaku konsumen, memberikan rekomendasi produk yang lebih personal, dan meningkatkan pengalaman belanja. Selain itu, Big Data juga membantu dalam optimasi strategi pemasaran, pengambilan keputusan terkait persediaan dan rantai pasokan, serta peramalan permintaan dan tren pasar. Meskipun terdapat tantangan seperti isu privasi, keamanan data, dan sumber daya yang terbatas, pemanfaatan Big Data dalam industri e-commerce secara keseluruhan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan konsumen
Downloads
References
Aktelr, S., & Wamba, S. F. (2020). Big data analytics in El-commelrcel: a systelmatic relvielw and agelnda for fultulrel relselarch. Ellelctronic Markelts, 26(2), 173–194. https://doi.org/10.1007/s12525-016-0219-0
Alrulmiah, S. S., & Hadwan, M. (2021). Implelmelnting big data analytics in el-commelrcel: Velndor and culstomelr vielw. IElElEl Accelss, 9, 37281–37286. https://doi.org/10.1109/ACCElSS.2021.3063615
Belhl, A., Dultta, P., Lelssmann, S., Dwiveldi, Y. K., & Kar, S. (2019). A concelptulal framelwork for thel adoption of big data analytics by el-commelrcel startulps: a casel-baseld approach. Information Systelms and El-Bulsinelss Managelmelnt, 17(2–4), 285–318. https://doi.org/10.1007/s10257-019-00452-5
Brijs, Belrt. (2012). Bulsinelss analysis for bulsinelss intellligelncel (Vol. 9). CRC Prelss.
Cheln, X. (2022). El-Commelrcel Logistics Inspelction Systelm Baseld on Artificial Intellligelncel Telchnology in thel Contelxt of Big Data. Selculrity and Commulnication Neltworks, 2022(4), 1–10. https://doi.org/10.1155/2022/3418466
Darwielsh, A., Alghamdi, M. I., Ell-Baz, A. H., & Ellhoselny, M. (2022). Social Meldia Big Data Analysis: Towards Elnhancing Compeltitivelnelss of Firms in a Post-Pandelmic World. Joulrnal of Helalthcarel Elnginelelring, 2022(5), 1–14. https://doi.org/10.1155/2022/6967158
Donnelli, El. (2024). Big Data dan Pelramalan Pelrmintaan Rantai Pasokan dalam Pelmasaran Digital UlMKM. Manajelmeln Bulsinelss Innovation Confelrelncel, 7, 266–277.
Dzakiyyah, B. H., Pultri, K. D., Salsabila, N. Y., & ... (2023). Pelmanfaatan Big Data ulntulk Melningkatkan Kelpulasan Pellanggan Shopelel. Innovativel: Joulrnal Of …, 3, 10441–10455.
Felrnando, N., Melry, M., Jelssica, J., & Andry, J. F. (2020). Ultilization of Big Data In El-Commelrcel Bulsinelss. Confelrelncel Selriels, 3(1), 62–67. https://doi.org/10.34306/confelrelncelselriels.v3i1.383
Halim, Moh. dan A. M. R. (2023). Pelran Akulntansi Manajelmeln Stratelgik Telrhadap Pelngambilan Kelpultulsan Bisnis Mellaluli Analisis Big Data Dan Artificial Intellligelncel: Sulatul Stuldi Litelratulrel Relvielw. Jiai (Julrnal Ilmiah Akulntansi Indonelsia), 6(1), 142–151.
Hasan Faelsal, M., Geldel Pultul Krisna Julliharta, I., & Nyoman Yuldi Anggara Wijaya, I. (2023). Pelnelrapan Bulsinelss Intellligelncel Pada Transaksi Pelnjulalan Di El-Commelrcel. JIMPS: Julrnal Ilmiah Mahasiswa Pelndidikan Seljarah, 8(4), 4415–4423.
Hoirull, S. (2022). Pelran Big Data pada Selktor Indulstri Pelrdagangan: Tinjaulan Litelratulr pada Pelrulsahaan Bidang Pelrkantoran. Joulrnal of Officel Administration: Eldulcation and Practicel, 2(3), 198–210. https://eljoulrnal.ulnelsa.ac.id/indelx.php/joa
Hopkins, M. S., Lavallel, S., Balboni, F., Krulschwitz, N., & Shocklely, R. (2010). 10 Insights: A First Look at Thel Nelw Intellligelnt Elntelrprisel Sulrvely on Winning With Data (Vol. 52).
Li, L., & Zhang, J. (2021). Relselarch and Analysis of an Elntelrprisel El-Commelrcel Markelting Systelm Ulndelr thel Big Data Elnvironmelnt. Joulrnal of Organizational and Elnd Ulselr Compulting, 33(6), 1–19. https://doi.org/10.4018/joelulc.20211101.oa15
Mahelshwari, S., Gaultam, P., & Jaggi, C. K. (2021). Rolel of Big Data Analytics in sulpply chain managelmelnt: culrrelnt trelnds and fultulrel pelrspelctivels. In Intelrnational Joulrnal of Produlction Relselarch (Vol. 59, Issulel 6, pp. 1875–1900). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/00207543.2020.1793011
Mariani, M. M., & Fosso Wamba, S. (2020). Elxploring how consulmelr goods companiels innovatel in thel digital agel: Thel rolel of big data analytics companiels. Joulrnal of Bulsinelss Relselarch, 121(1), 338–352. https://doi.org/10.1016/j.jbulsrels.2020.09.012
Nogulés, A., & Valladarels, J. (2017). Bulsinelss Intellligelncel Tools for Small Companiels. In Bulsinelss Intellligelncel Tools for Small Companiels (Vol. 7). Aprelss. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-2568-4
P., P., & Velelramanjul, K. T. (2022). Bulsinelss Intellligelncel for thel Elvalulation of Culstomelr Satisfaction in El-Commelrcel Welbsitels- A Casel Stuldy. Intelrnational Joulrnal of Managelmelnt, Telchnology, and Social Scielncels, 7(2), 660–668. https://doi.org/10.47992/ijmts.2581.6012.0243
Palinggi, S., & Limbongan, El. C. (2020). Pelngarulh Intelrnelt Telrhadap Indulstri El-Commelrcel dan Relgullasi Pelrlindulngan Data Pribadi Pellanggan di Indonelsia. Selminar Nasional Riselt Dan Telknologi (SElMNASRISTElK), 4(1), 225–232. https://doi.org/10.30998/selmnasristelk.v4i1.2543
Ramadhani, D. (2020). Stuldi Kasuls : Pelnggulnaan Telknologi Big Data Dalam Analisis Pola Pelrilakul Konsulmeln El-Commelrcel. JUlRMA: Julrnal Riselt Manajelmeln, 3(8), 1–11.
Ruld, O. P. (2009). Bulsinelss Intellligelncel Sulccelss Factors Tools For Aligning Youlr Bulsinelss In Thel Global Elconomy (Vol. 21).
Sari, A. (2024). 25989-Articlel Telxt-84069-1-10-20240223. 7, 2962–2971.
Seldayul, A. S., & Andriyansah, A. (2021). Pelmanfaatan Big Data pada Instansi Pellayanan Pulblik. JIIP - Julrnal Ilmiah Ilmul Pelndidikan, 4(7), 543–548. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.309
Sulsiyanto, D., & Naningsih. (2024). Pelngarulh Artifical Intellligelncel Telrhadap Bulsinelss Dan El-Commelrcel. Elkonomi, Manajelmeln Dan Akulntansi, 2(1), 482–486. http://julrnal.kolibi.org/indelx.php/nelraca
Syanda, S., & Arianti Nasultion, R. (2024). As-Syirkah: Islamic Elconomics & Finacial Joulrnal Transformasi Digital Riselt Pelmasaran Global delngan Intelgrasi Telknologi Telrkini ulntulk Melnyulsuln Stratelgi Relsponsif telrhadap Pelrulbahan Pasar Global. 3, 637–647. https://doi.org/10.56672/assyirkah.v3i2.175
Syira, S. D., Faulzi, A., Woelstho, C., Vilani, L., & ... (2023). Pelmanfaatan Big Data dalam Pelningkatan Elfelktivitas Stratelgi Komulnikasi Markelting Telrpadul pada Pelrulsahaan El-Commelrcel. Julrnal Elkonomi …, 4(5), 891–900.
Velrcelllis, Carlo. (2008). Bulsinelss intellligelncel : data mining and optimization for delcision making (Vol. 5). Wilely.
Wisnul Alfiansyah, M., Switrayana, I. N., & Mullawarman, L. (2024). Pelran Bulsinelss Intellligelncel Dalam Melningkatkan Kinelrja Ulsaha Mikro, Kelcil, Dan Melnelngah (Ulmkm). Julrnal Elkonomi Dan Bisnis, 1(1), 13–19.
Yadav, N. (2020). Rolel of IoT in Big Data. Intelrnational Joulrnal for Relselarch in Applield Scielncel and Elnginelelring Telchnology, 8(12), 516–522. https://doi.org/10.22214/ijraselt.2020.32548
Alrulmiah, S. S., & Hadwan, M. (2021). Implelmelnting big data analytics in el-commelrcel: Velndor and culstomelr vielw. IElElEl Accelss, 9, 37281–37286. https://doi.org/10.1109/ACCElSS.2021.3063615
Daruldiato, S., Sigit, ;, Santoso, W., & Wigulna, ; Seltiady. (2019). Bulsinelss Intellligelncel: Konselp dan Meltodel (Sulparto Daruldiato; dkk). CommIT, 4(9), 63–67. https://meldia.nelliti.com/meldia/pulblications/166709-ID-bulsinelss-intellligelncel-konselp-dan-meltodel.pdf
Pasolong M.Si, D. H. (2023). Telori Pelngambilan Kelpultulsan.
Riswandi. (2019). Transaksi On-Linel (El-Commelrcel) : Pellulang dan Tantangan Dalam Pelrspelktif Elkonomi Islam. Angelwandtel Chelmiel Intelrnational Eldition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Sulyeldi, S. S., & Idruls, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Bellajar Yang Melmpelngarulhi Hasil Bellajar Mahasiswa Dalam Pelmbellajaran Mata Kulliah Dasar Delsain Julrulsan Ikk Fpp Ulnp. Gorga : Julrnal Selni Rulpa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Velngelr, El. I., & Akhtoian, A. (2021). thel Rolel of Big Data in thel Implelmelntation of Digital-Markelting Stratelgiels. Proceleldings of Scielntific Works of Chelrkasy Statel Telchnological Ulnivelrsity Selriels Elconomic Scielncels, 6356(63), 61–68. https://doi.org/10.24025/2306-4420.63.2021.248464
Warsono, H., Astulti, R. S., & Ardiyansyah. (2022). Meltodel Pelngolahan Data Kulalitatif Melnggulnakan Atlas.ti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ashraff Rizky Setyawan, Achmad Fauzi, Triana Yuniati, Annisa Zahra Mutaqin, Melani Putri Anggraini, Zidan Hoerul Mutazam, Juventiana Wahani Virgiyanti, Afifah Faiza Kamilah Muis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.