HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI, DUKUNGAN KADER, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEIKUTSERTAAN DALAM KELAS IBU HAMIL DI DESA GIRI MAKMUR KABUPATEN GARUT TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2726Keywords:
Dukungan, Keikutsertaan, Kelas Ibu Hamil, PerilakuAbstract
Pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil di Puskesmas Citeras tahun 2022 masih jauh dari target yaitu baru mencapai 72% sedangkan target dari puskesmas 90% sehingga masih ada kesenjangan 18%. Hal ini disebabkan karena penyaringan ibu hamil oleh kader belum maksimal, dukungan suami dan keluarga yang masih kurang. Tidak mengikuti kelas ibu hamil dapat memiliki beberapa dampak yang berpotensi memengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui dukungan suami, dukungan kader dan dukungan keluarga terhadap perilaku keikutsertaan dalam kelas ibu hamil. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan penelitian cross sectional dengan pendekatan observasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ibu hamil trimester III sebanyak 42 orang, tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisa data yaitu analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi-Square test untuk melihat hubungan terhadap 2 variabel yang diduga berhubungan. Didapatkan sebagian besar ibu hamil yaitu sebanyak 52,2% ikutserta dalam kelas ibu hamil, 54,8% mendapatkan dukungan kader, 66,7% mendapatkan dukungan suami, dan 57,1% mendapatkan dukungan dari suami. Hasil analisis bivariat menunjukkan dukungan kader p-value 0,002, dukungan keluarga p-value 0,081 dan dukungan suami p-value 0,001. Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan kader dan dukungan suami terhadap perilaku keikutsertaan kelas ibu hamil. Sedangkan dukungan keluarga tidak berhubungan dengan perilaku keikutsertaan kelas ibu hamil. Diharapkan dapat menambah informasi, edukasi pada ibu hamil sehingga ibu hamil dapat memahami dan dapat menambah pengetahuan atau wawasan mengenai masalah-masalah kesehatan yang dapat dialami dari kehamilan, persalinan, nifas.
Downloads
References
A, Aziz, Hidayat. (2017). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis. Data. Jakarta: Salemba Medika
Agustinawati, L., Husodo, B. T., & Musthofa, S. B. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kader Dalam Penyelenggaraan Kelas Ibu Hamil Di Kelurahan Ngesrep Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(5), 1021-1031.
Arikunto, S., 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Artanti, S., & Meikawati, P. R. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Balita pada Masa Pandemi Covid-19 sebagai Upaya Pemenuhan Hak Balita sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No 4 Tahun 2019. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 8(2), 130-138.
Azwar, S., 2014, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Liberty, Yogyakarta.
Bobak, Lowdermilk, Jense. 2015. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta: EGC
Carol, Jang, Lee, M. Dkk. (2014). The Effect Of Social Support Type On Resilience. Doctoral dissertation, University of Alabama Libraries)
Desmariyenti, D., & Hartati, S. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Kelas Ibu Hamil. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 9(2), 114-122.
Dinkes Garut, 2021, Profil Kesehatan Kabupaten Garut Tahun 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Garut.
Dinkes Jabar, 2020, Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bandung.
Donsu, J.T., 2017, Psikologi keperawatan, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.
Friedman, M., 2013. Buku Ajar Keperawatan Keluarga, Riset, Teori, dan Praktek, Jakarta: EGC.
Fuada, N., & Setyawati, B. (2015). Pelaksanaan kelas ibu hamil di Indonesia. Indonesian Journal of Reproductive Health, 6(2), 67-75.
Henderson, J., Carson, C., & Redshaw, M. (2016). Impact of preterm birth on maternal well-being and women's perceptions of their baby: a populationbased survey. BMJ open, 6(10), e012676.
Isro'in, L & Andarmoyo, S. (2015), Personal Hygiene Konsep, Proses Dan. Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan: Graha Ilmu. Johnson.
Kemenkes R.I., 2013, Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu, Edisi Kedua. Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta.
Kemenkes R.I., 2016, Buku Panduan Kader Posyandu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Kemenkes R.I., 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2020, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA
Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Bagi Ibu Hamil, Ibu Nifas, Dan Bayi Baru Lahir Selama Social Distancing. Jakarta: Kemenkes RI
Masini, M., & Idhayanti, R. I. (2015). Pengaruhi Umur, Tingkat Pengetahuan, Sikap Terhadap Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Magelang. JURNAL VOLUME 6 NOMOR 1 TAHUN 2015, 6(1).
Misgiyanto & Susilawati, D. (2014). Hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan penderita kanker serviks paliatif. Semarang: Universitas Diponegoro.
Notoatmodjo, S., 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.
Nugroho, R. N., & Cahyanti, R. D. (2017). Hubungan partisipasi kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan menghadapi persalinan pada ibu hamil risiko tinggi. JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO (DIPONEGORO MEDICAL JOURNAL), 6(2), 1166-1177.
Nursalam, 2016, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Ed. 4, Salemba Medika, Jakarta.
Nurwulan, D., Mendri, N. K., & Majid, A. (2017). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre anestesi dengan tindakan spinal anestesi di RSUD sleman. Naskah Publikasi.
Sapitri, E. (2017). Pembagian Peran antara Suami Istri Implikasinya Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus di Gampong Lawe Cimanok Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2015). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.
Setiadi. (2013). Konsep & Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sipayung, N. K., Hasbiah, H., & Puspitasari, E. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Klinik Serasi Medika Kabupaten Banyuasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1077-1083.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Wahyuni, D. P., & Sihombing, S. F. (2020). Hubungan Motivasi Ibu Dan Peran Kader Dengan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil. Zona Kebidanan: Program Studi Kebidanan Universitas Batam, 10(2).
WHO, 2020, World Health Statistics 2020, World Health Organization
Yanti, H. P. (2013). Evaluasi Program Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Wilayah Kabupaten Batang Tahun 2012. Universitas Diponegoro
Yusmaharani, Y. (2019). Hubungan Dukungan Suami dengan Pemanfaatan Kelas Ibu hamil. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(2), 86-95.
Zaidin. (2016). Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta : EGC
Zamriati WO. 2017. Faktor yang Berhubungan dengan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan di Poli KIA PKM Tuminting. E-journal keperawatan (e-Kp). Manado: Universitas Samratulangi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Suhartini, Magdalena, Astrid Novita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.