PENGARUH LOKASI, HARGA, FASILITAS, DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MBS DALAM MENYEWA KAMAR KOST
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.265Keywords:
Lokasi, Harga, Fasilitas, Kenyamanan, Keputusan MenyewaAbstract
Mahasiswa memerlukan tempat tinggal sementara yang digunakan selama mereka menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu tempat tinggal sementara adalah rumah kost. Mereka memiliki beberapa pertimbangan untuk memutuskan rumah kost yang akan ditinggali. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Pengaruh lokasi terhadap keputusan menyewa kamar kost (2) Pengaruh harga terhadap keputusan menyewa kamar kost (3) Pengaruh fasilitas terhadap keputusan menyewa kamar kost (4) Pengaruh kenyamanan terhadap keputusan menyewa kamar kost (5) Pengaruh lokasi, harga, fasilitas, dan kenyamanan terhadap keputusan menyewa kamar kost. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik probability sampling dan diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 301 responden. Responden adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial (1) lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (2) harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (3) fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (4) kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (5) secara simultan variabel lokasi, harga, fasilitas, dan kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
T. P. Rahayu, Pelaku Kegiatan Ekonomi, Semarang: Alprin, 2019.
Wahab, Ensiklopedia Kebutuhan Manusia, Semarang: Alprin, 2019.
S. Amilia and I. , "Pengaruh Lokasi, Harga, dan Fasilitas terhadap Keputusan Sewa Kamar Kost Mahasiswa Fakultas Ekomomi Universitas Samudra," Jurnal Manajemen dan Keuangan, vol. 8, no. 3, pp. 267-280, Desember 2019.
Purboyo and dkk, Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis). (Bandung: Media Sains Indonesia)., Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
E. Trismawati and K. Saefullah, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana, 2016.
M. A. Imron, Pengantar Bisnis Modern, Banten: Desanta Muliavisitama, 2021.
T. F. Musfar, Buku ajar manajemen pemasaran: bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran, Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.
A. F. Muhammad and M. E. Saputri, "Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Wingman Denim Bandung," Jurnal e-Proceeding of Management, vol. 7, no. 1, pp. 1401-1012, April 2020.
Kbbi, "Kbbi.kemendikbud.go.id," [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/fasilitas. [Accessed 25 Juli 2022].
F. Tjiptono, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2019.
Anita, Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas, dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Suttan Thaha Saifuddin Jambi dalam Memilih Tempat Indekos, Skripsi UIN Sutha Jambi, 2021.
S. Idrus, Menulis Skripsi Sama Gampangnya Dengan Membuat Pisang Goreng Asal Ada Niat & Kemauan, Batu: Literasi Nusantara, 2021.
V. Tampubolon, Pengaruh Lokasi, Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan dalam Memilih Jasa Rumah Kos pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Skripsi Universitas Sumatera Utara , 2018.
A. Sara and C. Z. Rizki, "Analisis Permintaan Rumah Sewa di Kota Banda Aceh," Jurnal Ilmiah Mahasiswa, vol. 2, no. 1, pp. 11-18, Februari 2017.
D. Martati, E. Cahyani and R. Rizal, "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan di Losmen Ibu Hj. Tarjo Palembang," Jurnal Adminika, vol. 7, no. 1, pp. 151-175, Januari-Juni 2020.
S. Wijoyo and E. Maimunah, "Faktor-faktor Pertimbangan Mahasiswa UNILA dalam Pemilihan Rumah Indekos dikelurahan Kampung Baru dan Gedung Meneng Bandar lampung," Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 8, no. 1, pp. 45-55, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.