PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN COVID 19 TERHADAP PENURUNUNAN TINGKAT KECEMASAN IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGMONCOL
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v1i1.201Keywords:
Masa Nifas, Kecemasan, Pendidikan Kesehatan, Covid 19Abstract
Kecemasan pada ibu nifas bila tidak dilakukan penanganan sejak dini dapat mengakibatkan efek yang buruk terhadap kesehatan ibu, bayi dan juga hubungan dengan pasangannya. Infeksi coronavirus pada manusia atau lebih dikenal penyakit Covid19 menimbulkan kecemasan dimasyarakat termasuk ibu nifas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemberian informasi tentang cara pencegahan penularan Covid 19 terhadap penurunan tingkat kecemasan ibu nifas di Puskesmas Karangmoncol. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Intervensi kepada kelompok eksperimen adalah pemberian pendidikan kesehatan dengan audio video animasi tantang cara pencegahan penularan Covid 19. Instrumen penelitian menggunakan media audio video dan kuisioner . Hasil analisa data dengan Uji Wilcoxon mendapatkan nilai p value 0,000. Sedangkan hasil uji Paired T Test untuk mengetahui efektifitas intervensi yang dilakukan didapatkan hasil p value 0,004. Sebagai kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dikatakan pendidikan kesehatan dengan media audio visual tentang pencegahan penularan Covid 19 dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan yang dialami oleh ibu nifas.
Downloads
References
Diki Retno, Y., & Nur Aini, F. (2020). Kecemasan Ibu Hamil dan Ibu Nifas di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Baturaden. 2(2).
Handayani Yuni, D. S. P. (2021). Upaya Pencegahan Gangguan Postpartum Mood Sejak Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Surya Masyarakat, 3(Vol 3, No 2 (2021):Mei2021),95–103. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JSM/article/downloadSuppFile/7302/1315
Johnson, J. (2021, June 11). What to Know About Postpartum Anxiety. Medical News Today.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (V). Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (III). PT. Rineka Cipta.
Perzow, S. E. D., Hennessey, E. P., Hoffman, M. C., Grote, N. K., Poggi, E., & Hankin, B. L. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.
Prastika, D. W. I. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang persalinan terhadap kecemasan primigravida trimester iii di puskesmas ciputat. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 3, 4–5.
Radoš, S. N., Tadinac, M., & Herman, R. (2018). Anxiety during pregnancy and postpartum: Course, predictors and comorbidity with postpartum depression. Acta Clinica Croatica, 57(1), 39–51. https://doi.org/10.20471/acc.2018.57.01.05
Rahmaningtyas, I., Winarni, S., Mawarni, A., & Dharminto. (2019). Hubungan Beberapa Faktor dengan Kecemasan Ibu Nifas Di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(4), 7. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm%25
Stuart, G. . (2017). Buku saku Keperawatan Jiwa. EGC.
Suminar, R., & Herliani, Y. (2020). Pengaruh Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Nifas pada Masa Pandemi Covid-19 di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sindangkasih Kabupaten Ciamis 2020. 11(2), 23–27.
Susiana, S. (2019). Angka Kematian Ibu : Faktor Penyebab Dan Upaya Penanganannya. XI(AKI), 13–18.
Yainanik. (2017). Usia, Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Antenatal Care Ibu PrimigravidaDalamKecemasanMenghadapiPersalinan. http://eprints.ums.ac.id/54040/1/2.NASKAH PUBLIKASI.pdf
Zappas, M. P., Becker, K., & Walton-Moss, B. (2021). Postpartum Anxiety. Journal for Nurse Practitioners, 17(1), 60–64. https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2020.08.017