PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI

Authors

  • Ade Sandra Dewi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Ani Pujiati Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Salsa Permata Reza Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Niken Dwi Puspita Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Mutiara Topany Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1781

Keywords:

Pembelajaran Daring, Dampak Pandemi, Pengantar Akuntansi

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia memberikan dampak pada segala sektor, tidak terkecuali sektor Pendidikan. Hal ini berdampak dengan dilakukannya pembelajaran jarak jauh dengan sistem pembelajaran daring. Karena sistem pembelajaran ini dosen maupun mahasiswa dituntut agar dapat menyampaikan materi dengan baik kepada mahasiswa, begitu pula dengan mahasiswa juga dituntut dapat menguasai materi. Pada mata kuliah pengantar akuntansi, dengan sistem pembelajaran daring mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas maupun praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh pembelajaran daring pada mata kuliah pengantar akuntansi terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai tahun 2020/2021 dan tahun 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai pada tahun 2022/2023 dan tahun 2021/2022. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring pada mata kuliah pengantar akuntansi terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai tahun 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Fadly, W. 2017. Tinjauan Kepraktisan Model Pembelajaran Fisika “PRODUKSI” Terhadap Keterlaksanaan Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6 (2), 111-124.

Ismail, S. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.

Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. 2020. Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342-350.

Malayu, S.P. Hasibuan., 2014. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi

Aksara

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi,E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mingkid, E., & Harilama, S. (2018). Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Masyarakat Di Desa Pinapalangkow Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 68–80.

Sugiono, 2020. Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Dewi, A. S., Pujiati, A., Reza, S. P., Puspita, N. D., & Topany, M. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4693–4698. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1781