METODE MENGAJAR CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)

Authors

  • Arni Mahyudi STAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1406

Keywords:

Metode Card Slot , Peserta Didik , Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan agar mengetahui metode mengajar dengan menggunakan card sort dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Surya Muda. Metode penelitian menggunakan strategi cooperative learning dengan metode card sort. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu pra siklus dan dua siklus penelitian. Pada pra siklus, dilakukan observasi sebelum diterapkan metode mengajar card sort. Ada beberapa tahap dalam satu siklus yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Observasi kelas digunakan dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian dengan metode card sort ini menunjukan bahwa dalam pra siklus, kondisi keaktifan yang diperoleh skor 61,11, pada siklus 1 meningkat menjadi 77,78, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 94,44. Kesimpulan yang diperoleh bahwa metode mengajar card sort dapat meningkatkan keaktifan peserta didik jenjang paket B di PKBM Surya Muda

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badar, Nisma dan Arniati Bakri, Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan. Jurnal JBES, 2 (2). 2022.

Ernedisman. Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 024 Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1). 2018.

Mariah, Siti, Yopi Nisa Pebianti, dan Maya Dwi Kurnia. Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time. Journal of Education Action Research, 7 (2), 2023.

Muhammad Irham, Sulaiman Saat, dan Sitti Mania. Penerapan Model Pembelajaran Card Sort dan Make a Match pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kab. Takalar. Jurnal Diskursus Islam, 4 (3). 2016.

Pisesa, Dian dan Akrom. Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Tema Keluargaku Sub Tema Keluarga Besarku. Ibtida’I, 6 (2). 2019.

Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Ula, Novia Siti Syaripatul dan Milah Jamilah, Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. Jurnal Pendidikan Guru (JPE), 4 (3). 2023.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Mahyudi, A. (2023). METODE MENGAJAR CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3333–3346. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1406