STRATEGI INDUSTRI HIJAU, PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1353Keywords:
Industri Hijau, Pengungkapan Laporan Berkelajutan, Pertumbuhan Penjualan Nilai Perusahan, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Industri Hijau, Laporan Berkelanjutan dan Pertumbuhan Penjualan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dan diperoleh data sebanyak 42 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Data Panel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan aplikasi statistik yaitu Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri hijau tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, laporan berkelanjutan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan
Downloads
References
Aini, N., & Faisal, N. T. (2021). The Effect Of Environmental Performance On Firm Value Using Financial Performance As Mediator Variable. International Journal of Entrepreneurship and Business Development, 04.
Akmalia, A., & Abni Aliyah, S. (n.d.). The Role Of Financial Performance In Mediating The Effect Of Institutional Ownership, Company Size And Sales Growth On Firm Value.
Annisa Gantina Budhiyani. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2015 - 2018). Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16208
Atahau, A. D. R., & Kausar, M. F. (2022). Sustainability Report terhadap Nilai Perusahaan: Studi Perusahaan yang Terdaftar dalam Sustainability Report Rating. AFRE (Accounting and Financial Review), 5(2), 124–130. https://doi.org/10.26905/afr.v5i2.7810
Avelyn, N., & Syofyan, E. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan, dan Voluntary Disclosure terhadap Nilai Perusahaan: Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI, 5(1), 214–232. https://doi.org/10.24036/JEA.V5I1.605
Ayu Septhiani, F., Marinda Machdar, N., Bisnis, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis Jalan Pulomas Selatan Kav, I. (2022). Pengaruh Pelaporan Berkelanjutan dan Modal Intelektual Hijau terhadap Nilai Perusahaan dengan Set Kesempatan Investasi sebagai Variabel Pemoderasi. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 8(4), 4095–4110. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/1650
Azzahra Hafidz, S., & Risma Deviyanti, D. (2022). Pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel intervening. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(2), 366–374. https://doi.org/10.29264/jakt.v19i2.11123
Candani, N., & Badera I Dewa Nyoman. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnisi Universitas Udayana.
Dai, D., & Xue, Y. (2022). The Impact of Green Innovation on a Firm’s Value from the Perspective of Enterprise Life Cycles. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031226
Dewi, I. A. P. T., & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 85. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i01.p04
Dewi, R., & Rahmianingsih, A. (2020). Meningkatkan Nilai Perusahaan Melalui Green Innovation Dan Eco-Effisiensi. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 12(2), 225–243. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i2.2241
Dolontelide, C. M., & Wangkar, A. . (2019). Pengaruh Sales Growth dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3039–3048. https://doi.org/10.35794/EMBA.V7I3.24055
Edi Wijaya Kusuma, I. M., & Dewi, L. G. K. (2019a). Pengaruh Kinerja Lingkungan pada Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p19
Edi Wijaya Kusuma, I. M., & Dewi, L. G. K. (2019b). Pengaruh Kinerja Lingkungan pada Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p19
Faisal, Tower, G., & Rusmin, R. (2017). Legitimising Corporate Sustainability Reporting Throughout the World.
Febriyanti, A., & Sulistyowati, E. (2021). Pengaruh Firm Size, Sales Growth, Dan Return On Equity Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Manufaktur. JURNAL MANEKSI, 10.
Febriyanti, G. A. (2021). Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Nilai Perusahaan dengan Leverage sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(1), 366–379. https://doi.org/10.29040/JAP.V22I1.2598
Gusti, I., Prabandari, A., Putri, T., & Rahyuda, H. (2020). Effect of capital structure and sales growth on firm value with profitability as mediation. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(1), 145–155. https://doi.org/10.21744/IRJMIS.V7N1.833
J., S., K.R., S., & Prasad, K. (2023). Does GRI compliance moderate the impact of sustainability disclosure on firm value? Society and Business Review, 18(1), 152–174. https://doi.org/10.1108/SBR-06-2022-0172
Kurniawan, T., Sofyani, H., & Rahmawati, E. (2018). Pengungkapan Sustainability Report dan Nilai Perusahan: Studi Empiris di Indonesia dan Singapura. Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v16i1.2100
Latifah, S. W. (2017). Triple Bottom Line Terhadap Nilai Perusahaan, Gross Profit Margin Sebagai Indikator Ekonomi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 4(4), 544–563. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2020.v4.i4.4249
Loh, L., Thomas, T., & Wang, Y. (2017). Sustainability reporting and firm value: Evidence from Singapore-listed companies. Sustainability (Switzerland), 9(11). https://doi.org/10.3390/su9112112
Mardi, M., Hermanto, H., & Widyastuti, E. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Melalui Corporate Social Responsibility (CSR). E-Jurnal Akuntansi, 1518. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i02.p25
Meizary, A., & Yunialfi Alfian, F. (2023). Pengaruh Penerapan Kinerja Lingkungan, Pengungkap Lingkungan, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi JEMBA, 2.
Nira Artamelia, F., Primta Surbakti, L., & Julianto, W. (2021). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Lingkungan Dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Economic, and Accounting National Seminar, 2, 971–988.
Pratiwi, M. W., & Setyoningsih, S. (2017). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening. Media Riset Akuntansi, Universitas Bakrie, 42, 24–46.
Pujianingsih, V. D. (2020). Pengaruh Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 579–594. https://doi.org/10.17509/JRAK.V8I3.22841
Rusmana, O., & Purnaman, S. M. N. (2020). Pengaruh Pengungkapan Emisi Karbon dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22.
Sastra, R. (2020). The Role of a Sustainability Report in Mediating the Effect of Board Size on Firm Value. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 10. www.ijicc.net
SEMBIRING, S., & TRISNAWATI, I. (2019). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1a–2), 173–184. https://doi.org/10.34208/JBA.V21I1A-2.754
Sinaga, L. V., Nababan, A. M., Sinaga, A. N., Hutahean, T. F., & Guci, S. T. (2019). Pengaruh Sales Growth, Firm Size, Debt Policy, Return On Asset terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(2), 345–355. https://doi.org/10.31539/COSTING.V2I2.664
Soedjatmiko, Tjahjadi, B., & Soewarno, N. (2021). Do Environmental Performance and Environmental Management Have a Direct Effect on Firm Value? Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 687–696. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.687
Sukaria, No. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan. STUDYLIB. https://studylibid.com/doc/949543/pengaruh-ukuran-perusahaan--pertumbuhan-penjualan
Tonay, C., & Murwaningsari, E. (2022). Pengaruh Green Innovation dan Green Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Moderasi. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 24(2), 283–294. https://doi.org/10.34208/JBA.V24I2.1484
Utomo, M. N. (2019). Strategi Penciptaan Nilai Perusahaan Melalui Investasi Berbasis Green. https://www.researchgate.net/publication/340454174
Wahyu Hidayat, W., Yuniati, T., Teguh Prasetyo, E., & Husadha, C. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan CSR terhadap Nilai Perusahaan Kasus Perusahaan Jasa di Indonesia. Journal Ilmiah Manajemen .
Zhafiira, C. F., & Andayani. (2019). Pengaruh Sales Growth, Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntans.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.