KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS BERDASARKAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU DI KB PERSADA SLARANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1146Keywords:
Pengelolaan Kelas, Kualifikasi Akademik, PAUDAbstract
Pengelolaan anak usia dini merupakan proses yang dilakukan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi yang kondusif dan optimal bagi terlaksananya kegiatan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dibutuhkan adanya interaksi yang baik antara guru dan anak didik dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila guru mempunyai kualifikasi akademik. Kualifikasi akademik guru yang tidak sesuai dengan standar akan menciptakan pengelolaan kelas yang tidak baik. Oleh karena itu sebagai guru profesional harus memiliki kualifikasi akademik yang sesuai untuk dapat mengelola kelas dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pengelolaan kelas berdasarkan kualifikasi akademik guru di KB Persada Slarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian langsung dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu semua guru memiliki kualifikasi akademik sama yaitu pendidikan terakhir SMA dan berstatus mahasiswa aktif strata 1 PIAUD, satu orang berstatus semester 9, 1 orang berstatus semester 3, dan 2 orang berstatus semester 1. Pada pengelolaan kelas guru yang berstatus mahasiswa semester 9 dapat mengelola kelas dengan baik, sedangkan 3 guru lainnya belum dapat mengelola kelas dengan baik. Pengelolaan kelas juga dipengaruhi oleh pelatihan atau workshop pengelolaan kelas yang belum pernah diterima oleh semua guru
Downloads
References
Djabidi, F. (2017). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Siti Aisyah, dkk. (2011). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pndekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Zulfa, U. (2011). Metodologi Penelitian Sosial edisi Revisi. Yogyakarta: Cahaya Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.