PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMINIMALISIR PRODUK CACAT PADA PROSES PRODUKSI WINGNUT DI PT PUTRA SULUNG MAKMUR METAL CASTINDO

Authors

  • M. Septial Dafha Pratama Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Widya Setiafindari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1052

Keywords:

Cacat Produk, Pengendalian Kualitas, Six Sigma

Abstract

PT Putra Sulung Makmur Metal Castindo adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yaitu casting/pengecoran logam salah satunya adalah wingnut. Dalam sehari PT Putra Sulung Makmur Metal Castindo memproduksi wingnut hingga sebanyak 650 - 1000 unit lebih dan masih terdapat produk wingnut yang cacat repair ataupun reject hingga 7%, hal tersebut melebihi standar cacat produk wingnut yang ditetapkan perusahaan sebesar 5%. Maka dilakukan penelitian dengan tujuan pengendalian, perbaikan, serta peningkatan kualitas produk melalui penggunaan metode six sigma. Sebagaimana yang dipahami bahwasanya Six sigma DMAIC termasuk ke dalam metode statistika yang suatu perusahaan pergunakan dalam proses penentuan kemungkinan adanya kecacatan terhadap produk yang dihasilkan sehingga menghasilkan produk dengan kecacatan yang minim. Tingkat ketepatan penilaian terhadap kecacatannya dari metode ini hingga 3.4 kecacatan tiap sejuta produk yang dihasilkan dalam proses produksinya. Tahapan dari metode ini terbagi atas defined, measured, analyzed, Improved, dan controll. Pada hasil penelitian nilai sigma perusahaan dalam memproduksi wingnut pada bulan Agustus 2022 adalah 3.652, yang berarti kapabilitas perusahaan berada dalam rata-rata industri Indonesia dengan proses yang memenuhi spesifikasi sebesar 93,32 % dan cacat produk wingnut yang terdapat di PT Putra Sulung Makmur Metal Castindo yaitu cacat berlubang jarum, cacat tidak sesuai pola ukuran, cacat ulir tidak balance, dan cacat retakan yang diakibatkan oleh beragam faktor mulai dari mesin, manusia, lingkungan serta metode.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Fandi. 2019. “Six Sigma Dmaic Sebagai Metode Pengendalian Kualitas Produk Kursi Pada Ukm.” Jisi Um 6, no. 1: 7.

Bachtiar, M., Said Salim Dahda, dan Elly Ismiyah. 2021. “Analisis Pengendalian Kuaitas Produk Pap Hanger Menggunakan Metode Six Sigma Dan Fmea Di Pt. Ravana Jaya Manyar Gresik.” JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri) 1, no. 4: 609.

Didiharyono, D., M. Marsal, dan B. Bakhtiar. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Metode Six-Sigma Pada Industri Air Minum PT Asera Tirta Posidonia, Kota Palopo.” Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam 7, no. 2: 163.

Ekawati, Ratna, dan Riza Andrika Rachman. 2017. “Analisa Pengendalian Kualitas Produk Horn Pt . Mi Menggunakan Six Sigma.” Journal Industrial Services 3, no. Vol. 3 No. 1a Oktober 2017: 32–38.

Indriyawati, Sika, dan Gde Agus Yudha Prawira Adistana. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tiang Pancang Menggunakan Metode Six Sigma.” Jurnal Teknik Sipil, 1–10.

Intan, Amanda, dan Lady Deamonita. 2018. “Pengendalian Kualitas Tas Tali Batik Di Pt. Xyz Dengan Menggunakan Metode Six Sigma.” Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 7–8.

Ivanda, Mitra Amerta, dan Hery Suliantoro. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Pada Proses Produksi Barecore PT. Bakti Putra NusantaraIvanda, M. A., & Suliantoro, H. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Pada Proses Produksi Barecore PT. Bakti Putra Nusa.” Industrial Engineering Online Journal 7, no. 1: 1–7.

Juwito, Adi, dan Ari Zaqi Al-Faritsyi. 2022. “Analisis Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Cacat Produk dengan Metode Six Sigma di UMKM Makmur Santosa.” Jurnal Cakrawala Ilmiah 1, no. 12: 3295–3315.

Kusumawati, Aulia, dan Lailatul Fitriyeni. 2017. “Pengendalian Kualitas Proses Pengemasan Gula Dengan Pendekatan Six Sigma.” Jurnal Sistem dan Manajemen Industri 1, no. 1: 43.

Napitupulu, Monica Elisa, dan Shinta Wahyu Hati. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Garment Pada Project in Line Inspector Dengan Metode Six Sigma Di Bagian Sewing Produksi Pada Pt Bintan Bersatu Apparel Batam.” Journal of Applied Business Administration 2, no. 1: 29–45.

Putri, Bella Azis Dewanti, Putra Abiyyu Sani, dan N Nurdianah. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Lampu Hias menggunakan Metode Six Sigma pada Industri Kerajinan Kaca.” IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7, no. 2012: 228–34.

Sachin, dan Dileeplal. 2017. “Six Sigma Methodology for Improving Manufacturing Process in a Foundry Industry.” International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS) 4, no. 5: 2456–1908.

Tambunan, Donny G, Budi Sumartono, dan Dan Hari Moektiwibowo. 2020. “Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Dalam Upaya Mengurangi Kecacatan Pada Proses Produksi Koper Di PT SRG.” Jurnal Teknik Industri 9, no. 1: 58–77.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Pratama, M. S. D., & Setiafindari, W. (2023). PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMINIMALISIR PRODUK CACAT PADA PROSES PRODUKSI WINGNUT DI PT PUTRA SULUNG MAKMUR METAL CASTINDO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2356–2367. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1052