HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1050Keywords:
Interaksi Sosial, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 120 mahasiswa prodi psikologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala interaksi sosial dan skala motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Hasil analisis data menunjukkan r = 0,533 dengan nilai p = 0,000 (p< 0,01) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa. Hasil analisis selanjutnya sumbangan efektif variabel interaksi sosial terhadap variabel motivasi belajar sebesar 28,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat dilihat bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa prodi psikologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Downloads
References
Dewanti, AK. (2022). Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045 https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/bhirawa/pendidikan-menuju-indonesia-emas-2045.html. Diakses tangga 19 Mei 2023
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Prawira, 2014. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117. Doi: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.
Winkel, W. S. 2009. Psikologi Pengajaran. Media Abadi.
Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 59-67 Doi: 10.22928
Pintrich, P. R, Schunk, D. H., & Meece, J. L. 2014. Motivation In Education: Theory, Research, and Applications, Fourth Edition. USA: Pearson Education Limited.
Cherniss, C. & Goleman D. 2001. The Emotionally Intelligent Workpalace. San Fransisco: Jossey-Bass.
Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 157-170
Prita Dwi Astuti, Hadiwinarto, Afifatus Sholihah, (2018), Studi Deskriptif Interaksi Sosial Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan Berdasarka Keterlibatan Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Volume 1 Nomor 2, 29-38. Doi: 10.33369/consilia.1.2.20-28
Sarwono, W (2000). Pengantar psikologi umum. Bulan Bintang
Soekanto, Sarjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182-186.
Mar’at. 2008. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.