Fenomena Negatif Dari Komunikasi Pada Media Online Terhadap Penyebaran Freesex Di D.I.Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3572Keywords:
Online Media, Freesex, CommunicationAbstract
Penerapan strategi komunikasi melalui aspek pendekatan psikologis untuk memperluas wawasan dan kesadaran diri para generasi muda, untuk mencegah dan menghindari pernikahan dini demi meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat, dalam hal ini studi kasusnya adalah para generasi muda pada Warga Rawasari 7 RT.054 RW.005 Komplek Pondok Sari Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang mana pada artikel ini dianggap warga disini adalah sampel dari populasi warga kota Banjarmasin yang termasuk salah satu kota besar yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Berikut beberapa hal permasalahan yang akan di bahas nanti, yaitu seberapa penting menjalin kedekatan emosional dengan cara komunikasi dari orang tua kepada anak-anaknya yang sudah beranjak dewasa agar terbuka wawasannya untuk tidak melakukan pernikahan dini. Dengan strategi berkomunikasi dari hati ke hati tanpa bersikap menggurui, tapi lebih ke psikologis seperti seorang sahabat atau teman yang menasehati, itu jauh lebih bisa masuk secara mendalam ke mind atau pikiran anak-anaknya. Karena pendekatan berkomunikasi dengan cara menjadikan anak sebagai sahabat di kala mereka remaja, itu jauh lebih efektif dibandingkan mendidik mereka secara kolot atau otoriter. Dalam artikel ini,, warga rawasari 7 yang dijadikan sebagai perbandingan dari berbagai penelitian tentang pernikahan dini yang terjadi di desa desa pedalaman pada seluruh Indonesia. Rumusan masalah dalam artikel penelitian ini adalah Bagaimana strategi psikologi komunikasi mengurangi pernikahan dini untuk meningkatkan kemakmuran pada kelurahan teluk Dalam di Kota Banjarmasin. Didapatkan hasil penelitian bahwa dari data di lapangan beserta In-Depth Interview ke warga, tingkat Pendidikan, wawasan, kesadaran diri, dan strategi psikologi pendekatan dari para orang tua ke anak-anaknya benar sangat mempengaruhi perubahan mindset untuk tidak gegabah dalam melakukan pernikahan dini. Dengan ini terlihat jelas bagaimana perbedaan penelitian pernikahan dini yang terjadi di kota dan di masyarakat desa. Dengan berkurangnya pernikahan dini di Indonesia, maka akan meningkatkan kemakmuran social bagi seluruh rakyat Republik Indonesia.
Downloads
References
Abdurrahman., Jampel., & Sudatha. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 32-45.
Achmad, N., Ganiati, M., & Kur’aeni, D. N. (2021). Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. UNINUS Journal Published, 6(2), 46-51.
Achmad, N., Ganiati, M., & Kur’aeni, D. N. (2021). Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 6(2), 46-51.
Adelia, N. (2024). Pengaruh Mobile Learning Flipbook Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 2 Takalar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Allo, R, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bontonompo. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Amaliah, A. (2020). Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’analytical Thinking Skill In Narrative Text. Prosodi, 14(1), 35-44. And Innovative Technology Journal, 4(3), 316-330.
Andrian, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edpuzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Arifin, I. F., Wijaya, A. M. R., & Badri, M. I. (2021). Efektivitas Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Budaya Pendhalungan Dalam Merajut Karakter Siswa. Sandhyakala Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(1), 89-103.
Arifin, S., Rahayu, P., Ardhianto, P., Wargiani, S., & Zahro, U. Z. (2023). Korelasi Teori Belajar Dengan Teknologi Pendidikan. Social Science Academic, 1(2), 321-336.
Asrul. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 157 Tenri Pakkua Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Ayu, S., Syatrian, E., Akib, E., & Nurlina, N. (2023). Penerapan Tecnologocal Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Di Sekolah Kebangsaan Malaysia-Indonesia. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 36–40.
Badri, M, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Flanel Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Lampung: Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi. Brigham, E. F. Dan J. F. Houston. (2001). Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Jilid II. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Br Pelawi, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Quality Berastagi).
Chazanah, N., Muntalif, B. S., Rahmayani, R. A., & Sudjono, P. (2020). Macrozoobentos distribution as a bioindicator of water quality in the upstream of the Citarum River. Journal of Ecological Engineering, 21(3).
Febriani, R., & Lucyana, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 80-94.
Fitri, D. M., & Nurhidayah, N. (2021). Hubungan Metode Ceramah, Sikap Belajar, Strategi Mengajar Dosen Dan Status Ekonomi Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 7(2), 373-382.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanim, N., Abdiah, B., & Muhsan, R. (2022, August). Pemanfaatan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mtsn Pada Materi Sistem Pernapasan. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 10, No. 2, pp. 124-129).
Hasanah, U. 2024. Pengaruh Penggunaan Smart Apps Creator Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Biologi Madrasah Aliyah Al-Hidayah Lemoa Kab. Gowa. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52-59.
Hidayat, S., Riyanto, P., & Rosman, D. B. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Peningkatan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli Siswa Eksrakurikuler SMK Negeri 1 Subang. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).
Kristianto, H. (2016). Hubungan Pemanfaatan Koran Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Demokrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Geger Madiun. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3).
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.
Lingga, L. N. M., Setiono, S., & Windyariani, S. (2022). Pengaruh Model Meaningful Instructional Design terhadap Beban Kognitif Konstruktif Siswa SMA:(The Effect of Meaningful Instructional Design on Germane Cognitive Load of High School Students). BIODIK, 8(4), 30-38.
Mahardika, I. K., Syahbana, A., Nada, A. S. Q., Ulfia, N., Septiani, Y. E., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Belajar Siswa di SMAN 3 Jember. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 386-392.
Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194.
Mawar. (2022). Pengaruh Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar Dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.
Mujiarto, M., Komaro, M., Pertiwi, A. S., & Muhammad, T. (2019, February). The development of multimedia engineering drawing animations for increasing vocational high school students competency in Indonesia. In 5th UPI International conference on technical and vocational education and training (ICTVET 2018) (pp. 313-315). Atlantis Press.
Nabillah, T., & Abadi, A, P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659-663.
Nahar, N, I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. NUSANTARA ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), Volume 1, 64-74.
Nasir, N. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Power Point di Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 75-89.
Nasir, N., Akram, A., Ayu, S., Hambali, U., & Ikbar, I. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Guru Di Desa Balibo Kecamatan Kindang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 2(1), 469-473.
Nawir, M., Hj. Khaeriyah., & Syamsuriyawati. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Metematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros, 2(2), 100-108.
Oviyanti, F. (2013). Inovasi Pembelajaran PAI Dengan Pengembangan Model Constructivism Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(01), 107-134.
Putra, R, S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.
Qadriani, N, L., Hartati, S., Dewi, A., & Selatan, J. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta Selatan, 4(1), 1-8.
Rahman, A. (2022). Upaya peningkatan standar kompetensi lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122-132.
Rahmawani, R., & Syahrial, H. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Terbatas Sinarmas Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), 27-40.
Ramadhan, A. M. (2023). Statistika Inferensial : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh. Diakses pada 5 Juni 2024 dari https://ebizmark.id/artikel/statistika-inferensial-pengertian-fungsi-jenis-dan
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Rasdin, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Bahasa Inggris TKJ SMK Negeri 6 Takalar. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.
Riska. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Tallo. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Safitri, P. D., Kristanto, A., & Pd, M. (2016). Pengembangan Media CAI (Computer Assisted Instruction) Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Materi Pokok Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 Dimensi Kelas XI Jurusan Multimedia Di SMK Mahardika Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2).
Septiawan, S., & Abdurrahman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 11-18.
Shahbana, E, B., Farizqi, F, K., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 9(1), 24-33.
Shobirin, M. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Berbantu Media Pembelajaran Canva Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas 5 SDN Purwosari 01 Semarang Utara. Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).
Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.
Soenarto, S. (2011). Multimedia Pembelajaran.Yogyakarta: UNY Press.
Sugestiana, S., & Soebagyo, J. (2022). Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2637-2646.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2021, February). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII Universitas Terbuka Convention Center November, 593-607.
Susiyanti, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Mts Plus Darul „Ulum Jombang (Doctoral Dissertation, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum).
Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(1), 1-10.
Tirtanawati, M. R., Purnama, Y. I., Prastiwi, C. H. W., Ermawati, S., & Fitrianingsih, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Video Interaktif Pembelajaran Bahasa Dengan Aplikasi Audacity Dan Edpuzzle Bagi Guru Mts. Darut Tauhid, Desa Ngablak, Bojonegoro. JURNAL PADI (Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia), 4(1), 26-33.
Wahab, G., & Rosnawati, R. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Erlangga, Bandung.
Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal On Education, 6(1), 3822-3835.
Wildan, A, A. (2022). Informatika. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Yulianto, A., & Hermawan, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Accounting Research Unit (ARU Journal), 2(1), 1-15.
Yuniar, F. (2023). Pengaruh Metode Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 7 Bone. Skripsi. Bone: Universitas Muhammadiyah Bone
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Winda Hapsari, Risa Dwi Ayuni, Ade Nur Atika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.