Eksplorasi Pengaruh Metode Giving Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Muhamad Arjuna Fatahillah Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muhammad Aris Ichwanto Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sudarto Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3282

Keywords:

Giving Method, Student Involvement, Vocational Education, Vocational School

Abstract

This study examines how the giving method impacts student engagement in education at Vocational High Schools (SMK). Using a qualitative approach with case studies, it was found that the Giving approach increased student engagement physically, emotionally, and cognitively. Students became more active, more motivated, and better understood what they were doing. Despite issues such as limited facilities and varying student participation, teachers said classroom interactions were better. The Giving method, which addresses existing issues, has been shown to improve student engagement and learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Efektivita Proses Mengajar di. Jurnal Promosi : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 165–175.

Ardila, Y. P., & Rigianti, H. A. (2023). Peran Penting Dan Tantangan Yang Dihadapi Oleh Guru Profesional Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di Kelas Yuliana Puspita Ardila 1 , Henry Aditia Rigianti 2 1. Jurnal Handayam, 14(1), 162–183.

Ariyanti, I., Fikrie, F., & Hariyono, D. S. (2022). Students’ Engagement dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 824–836. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1287

Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati, B. H. (2023). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Penerapan Buku Ajar Elektronik Sistem Ekskresi Berbasis Brain-Based Learning (Bbl) Dilengkapi Video Dan Diagram Roundhouse. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17.

Hasbar, Wardiah, & Arsyam, M. (2024). Peranan Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Mengajar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 52–62.

Hikmah, F. N., Sa’dullah, A., & Afifulloh, M. (2023). Penerapan Model Kooperaatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar PKN Pada Materi Keberagaman Sosial Budaya Kelas V MI Hidayatul Fata Pujon Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(23).

Komara, E., Karlina, H., Nisa, Z. H., & Suryadi, T. (2024). Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Penerapan Peer-Learning Sebagai Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 16(1), 134. https://doi.org/10.26418/jvip.v16i1.67374

Laili, H. (2021). Keefektifan Penggunaan Strategi Mengajar Giving Question And Getting Answers dan Ctl Ditinjau. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(1), 201–219.

Maulia, S., & Purnomo, H. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.33654/pgsd

Nursikin, M. (2016). Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 303–334. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.303-334

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Penerapan Experiential Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538.

Wartulas, S. (2021). Metode Pembelajaran yang Efektif Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Sri Wartulas, M.Pd. JURNAL DIALEKTIKA JURUSAN PGSD, 11(1).

Waruwu, E. W., & Bilo, D. T. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar : Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 254–268.

Yulianti, F., Sutrio, & Sahidu, H. (2020). Pengaruh Model Giving Question Getting Answers Melalui. Orbita. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1).

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Fatahillah, M. A., Ichwanto, M. A., & Sudarto, S. (2025). Eksplorasi Pengaruh Metode Giving Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3282