MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Authors

  • Suparlan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Lalu Mahsar Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1733

Keywords:

Ccommunicate English, Image Media, Classroom Action Research

Abstract

The aim of this research was to improve the English communication skills of the students of the second grade of Madrasah Tsanawiyah Darul Aminin NW Aikmual Central Lombok by using images media to determine the use of images media to improve speaking skills and determine students' speaking abilities after using images media. This research uses classroom action research (CAR). The results of the research are as follows. First, by applying images media can develop students' speaking skills. Students can communicate communicatively, orderly, well, and correctly, this can be seen after conducting classroom action research. Second, by applying images media to the learning process in order to improve students' speaking skills, it can be seen in the increase in the results of speaking skill scores. The subjects of this research were second grade of the students of Madrasah Tsanawiayah Darul Aminin NW Aikmual Lombok Tengah which consisted of 17 students consisting of boys and girls taken from 31 students in class B. The object of this research was the second grade of Madrasah Tsanawiyah Darul Aminin NW Aikmual Lombok Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri & Jafar, J. 2014. Analisis Kesulitan Mahasiswa Berbicara Nama-Nama Latin DiProgram Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Universitas Muhammadiyah Parepare.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Emiliana, Abdussamad & Kresnadi, H. 2013. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Gambar Di Kelas V SDN 04 Hulu Sungai Ketapang. Pontianak: PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura.

Krismiarti, L. 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 04 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang. Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Mufidah, N. 2017. Strategi Belajar Berbicara Bahasa Inggris. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Mujib, A. 2015. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana).

Muna, E.N. Degeng, I.N.S. & Hanurawan, F. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Niddiah, K.B. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII Menggunakan Student Teams-Achivemenet Divisions (STAD) Di SMP Negeri 7 Kusan Hilir. Yogyakarta: Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurcahyani, A. 2020. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card Siswa Kelas 3 SDN Putat 02, Geger, Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Ponorogo: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Ratminingsih, N.M. 2017. Metode dan Strategi Pembelajaran bahasa Inggris. Depok.

Said, A. & Budimanjaya, A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences, Jakarta: Kencana.

Santoso, D.A.A. Muniroh, Z. & Akmaliah, N. Pengaruh Penggunaan Medi Gambar

Terhadap Keterampilan Bericara Bahasa Inggris. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Indraprasta PGRI.

Selfiyanti, B. 2022. Peningkatan Literasi Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukanti. 2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunkan Media Gambar. Surakarta: Progran Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Sutiyono, A. 2014. (Universitas Pendidikan Indonesia).perpustakaan.upi.edu Desember2016).

Tarigan, Guntur H. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Wahyuningsih, E.T. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Papan Flanel. Ambarbinangun

Zulaikah. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris DalamPercakapan Sehari-hari Dengan Methode VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Bagi ParaSantri Nurul Huda 2 Tanah Merah. Sukaraja: STKIP Nurul Huda Sukaraja.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Suparlan, S., & Mahsar, L. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 999–1012. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1733