P PENINGKATAN PEMAHAMAN ASPEK HUKUM LITERASI KEUANGAN DIGITAL BAGI SISWA SMA YAPEMRI KOTA DEPOK

Authors

  • Bernadete Nurmawati Nurma Universitas Bung Karno
  • KMS Herman Universitas Borobudur
  • Muhammad Laras Widyanto Universitas Mercu Buana
  • Lucky Ferdiles Universitas Borobudur

DOI:

https://doi.org/10.55681/devote.v3i3.3184

Keywords:

Understanding, Digital Financial Literacy, Legal Aspects

Abstract

Perkembangan teknologi era digital saat ini berkembang pesat, menyebabkan perubahan signifikan dalam perilaku keuangan masyarakat dengan munculnya sistem keuangan digital.  Literasi keuangan menjadi penting dalam pengelolaan keuangan pribadi termasuk investasi, mengelola utang, dan perencanaan keuangan jangka panjang. Literasi keuangan memungkinkan seseorang untuk  membuat keputusan finansial yang bijaksana. Di era digital, peningkatan literasi keuangan juga menjadi kebutuhan untuk memanfaatkan layanan keuangan digital, seperti Layanan Keuangan Digital (LKD) yang memfasilitasi berbagai transaksi pembayaran dan keuangan secara elektronik melalui berbagai platform digital. Namun, penggunaan  layanan keuangan digital juga memiliki risiko terhadap potensi cyber crime, sehingga dibutuhkan kewaspadaan.   Melalui sosialisasi, pemahaman literasi keuangan digital dapat ditingkatkan, sebagaimana yang  dilakukan oleh Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat yang memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMA YAPEMRI Kota Depok mengenai literasi keuangan digital dalam aspek hukum. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa siswi tentang  literasi keuangan dan berbagai isu dalam bidang keuangan digital, seperti risiko keamanan siber, penipuan online, dan pelanggaran data pribadi. Selain itu, siswa-siswi juga diajarkan tentang pentingnya menjaga integritas data, memahami hak dan kewajiban hukum dalam transaksi digital, serta cara mengidentifikasi dan mengatasi kejahatan siber yang mungkin terjadi saat menggunakan layanan keuangan digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aravik, H. & Tohir,A. (2021) Pelatihan Pemanfaatan ID Author Bagi Dosen, AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1), 19-26.

Asisi, I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107– 118.

Butarbutar, R dan Nurmawati, B. (2023). Perlindungan Data Pribadi Konsumen Pinjaman Online: Suatu Analisis , Eligible: Journal of Social Sciences, LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, 2(1), 181-192

Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nusa, G. H., & Martfiyanto, R. (2021). The effect Of Financial, Knowledge, Behavior and Attitude to Financial Literacy on Accounting Bachelor Students Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(2), 226–237. 74

Pertiwi, U. M. (2020). Penerapan Financial Technology Dan Peningkatan Literasi Keuangan Untuk Strategi Penguatan Bisnis UMKM di Kalimantan Barat. … Dari Https://Pascasarjanafe. Untan. Ac. Id …, 365–376. http://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/34.pdf

Rowe, N. C. (2019). Honeypot deception tactics. Autonomous Cyber Deception: Reasoning, Adaptive Planning, and Evaluation of HoneyThings, 35–45

Seftarita, C. & Azra, U. ( 2017). Analisis Peluang Penggunaan Layanan Keuangan Digital (Lkd) Pada Masyarakat Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, Jurnal E-KOMBIS | 3(1), 1-16

Safitri, N. W. N., & Wahyudi, A. (2022). Literasi Keuangan Dan Faktor Penentunya: Studi Kasus Masyarakat Di Labuan Bajo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(9), 1657. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p04

Published

2024-09-30

How to Cite

Nurma, B. N., Herman, K., Widyanto, M. L., & Ferdiles, L. (2024). P PENINGKATAN PEMAHAMAN ASPEK HUKUM LITERASI KEUANGAN DIGITAL BAGI SISWA SMA YAPEMRI KOTA DEPOK. Devote : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(3), 152–158. https://doi.org/10.55681/devote.v3i3.3184