Meningkatkan Kemampuan Menyusun Bahasa Inggris Melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal di SMP Negeri 3 Alas Barat

Authors

  • Saprin Universitas Hamzanwadi
  • Muh Jaelani Al – Pansori Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Pendidikan Nusantara Global, Indonesia
  • Muhammad Nu’man Wadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Pendidikan Nusantara Global, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v6i3.4327

Keywords:

media, kearifan lokal, kalimat, bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat bahasa Inggris siswa kelas VIII di SMPN 3 Alas Barat melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis kearifan lokal. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya capaian belajar siswa, di mana 70% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media yang digunakan mengangkat nilai-nilai lokal seperti cerita rakyat, kehidupan pesisir, dan budaya masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, di mana 85% siswa mencapai nilai di atas KKM. Peningkatan tersebut tidak hanya terjadi pada aspek kognitif, tetapi juga pada motivasi dan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam media pembelajaran interaktif dapat menjadi pendekatan efektif untuk menciptakan proses belajar yang kontekstual, bermakna, dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ausubel, D. P. (1968). Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Harmer, J. (2007). How to Teach English (New Edition). Harlow: Pearson Education Limited.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional Media and Technologies for Learning (8th ed.). New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3rd ed.). Victoria: Deakin University Press.

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2025-08-16

How to Cite

Saprin, Muh Jaelani Al – Pansori, & Muhammad Nu’man Wadi. (2025). Meningkatkan Kemampuan Menyusun Bahasa Inggris Melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal di SMP Negeri 3 Alas Barat. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(3), 628–634. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i3.4327