Interferensi Bahasa Bajo Bugis dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Keruak

Authors

  • Junaidi Universitas Hamzanwadi
  • Muh Jaelani Al – Pansori Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Hamzanwadi
  • Azhar Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v6i3.4318

Keywords:

language interference, bilingual, education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk interferensi bahasa Bajo Bugis dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada keterampilan membaca siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Keruak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi terjadi pada aspek fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Interferensi fonologi tampak pada pengucapan kata yang mengikuti pola bahasa ibu, sementara interferensi morfologi terlihat dari penambahan imbuhan lokal. Pada aspek sintaksis, siswa cenderung menggunakan urutan kata yang sesuai dengan struktur bahasa Bajo Bugis, sedangkan pada aspek semantik, siswa sering menerjemahkan secara literal yang menyebabkan kesalahan makna. Interferensi ini berdampak pada pemahaman teks bacaan siswa yang cenderung kurang akurat. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan kontrastif agar siswa mampu membedakan secara jelas antara sistem bahasa ibu dan bahasa Inggris yang dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Weinreich, U. (1953). Languages in Contact: Findings and Problems. New York: Linguistic Circle of New York.

Lado, R. (1957). Linguistics Across Cultures: Applied Linguistics for Language Teachers. Michigan: University of Michigan Press.

Odlin, T. (1989). Language Transfer: Cross-Linguistic Influence in Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Nation, I. S. P. (2009). Teaching ESL/EFL Reading and Writing. New York: Routledge.

Cook, V. (2001). Second Language Learning and Language Teaching (3rd ed.). London: Hodder Arnold.

Cummins, J. (2000). Language, Power and Pedagogy: Bilingual Children in the Crossfire. Clevedon: Multilingual Matters.

Ellis, R. (2008). The Study of Second Language Acquisition (2nd ed.). Oxford: Oxford University Press.

Holmes, J. (2013). An Introduction to Sociolinguistics (4th ed.). London: Routledge.

Chaer, A. (2015). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta

Downloads

Published

2025-08-16

How to Cite

Junaidi, Muh Jaelani Al – Pansori, & Azhar. (2025). Interferensi Bahasa Bajo Bugis dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Keruak. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(3), 621–627. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i3.4318