Penerapan Media Pembelajaran Kahoot Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Sumber
DOI:
https://doi.org/10.55681/nusra.v6i3.3837Keywords:
Kahoot, Educational MediaAbstract
This study investigates the effectiveness of Kahoot as a digital learning medium in enhancing students’ interest in science education. Conducted at SMP Negeri 2 Sumber in class IX F, the research utilized a Classroom Action Research (CAR) design implemented over two cycles, each comprising planning, implementation, observation, and reflection phases. The participants included 32 ninth-grade students. Data collection methods consisted of classroom observation, questionnaires, interviews, and document analysis. Quantitative descriptive analysis was performed using a Likert scale. The findings revealed a substantial increase in students' interest in learning, with scores rising from 53% in the pre-cycle (classified as low), to 68% in Cycle I (moderate), and reaching 83% in Cycle II (high). Improvements were observed across all dimensions of learning interest: enjoyment, curiosity, engagement, and attention. The integration of Kahoot fostered an interactive and enjoyable learning environment, which significantly motivated students to participate more actively in the classroom. These results suggest that Kahoot serves as an effective and innovative pedagogical tool for enhancing student engagement and improving the overall quality of science education at the secondary level.
Downloads
References
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot berhasil meningkatkan minat belajar siswa kelas IX F di SMP Negeri 2 Sumber. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase minat belajar siswa, yaitu dari 53% pada pra siklus, naik menjadi 68% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Setiap tahap menunjukkan kenaikan yang konsisten sebesar 15%. Dengan demikian, penggunaan Kahoot berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, karena pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan membuat siswa lebih aktif serta termotivasi untuk belajar
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Community Development. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660.
Andin Rizki Aulia, dkk. (2022). Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas 7 di SMPN 9 Tualang. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), 2(2), 179-194.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cikka, F. (2020). Interaksi Guru dan Peserta didik dalam Proses Pembelajaran. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), 2(2), 179-194.
Fajriyyah, A., & Nugrahalia, M. Efektivitas aplikasi kahoot! Sebagai alat evaluasi kognitif pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI di SMA NEGERI 6 MEDAN TA 2020/2021. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4).
Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39-44.
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, II(September), 78–85.
Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023, April). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Literasi Dan Pedagogi (Srada) (pp. 24-31). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marwah, M., & Sari, PM (2021). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Pendidikan: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(3), 1194-1198.
Muliani, R.D., dan Arusman. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakt. 2(2): 133-139.
Murti, W., & Anas, M. (2019). Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Mikrobiologi Terapan. Jurnal Biology Teaching and Learning, 2(2), 101–113.
Puspitasari, R., Suparman, dan Fahrunnisa. Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(6): 8214-8226.
Rahman, A. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Edukimbiosis, 4(1).
Saputri, M., Muliadi, A., & Safnowandi, S. (2022). Profil Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 148-155.
Sari, DP, & Wulandari, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 45-53.
Setiawan, F., Febriyana, E., Dianti, E.F., dan Sari, M. 2022. Penggunaan Kahoot Sebagai Media Interaktif Terhadap Kemudahan Penggunaan dan Minat Belajar Siswa SMK Jurusan TKJ Se Kecamatan Natar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional. 4(1): 9-17.
Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1): 43-48.
Susilowati, D. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika. 2(1): 36-46.
Tarno, I., Fatnah, N., dan Taufik, L.M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Materi Cahaya di SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 100-105.
Trygu. (2021). Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Bogor: Guepedia.
Wigati, S. (2019). Penggunaan Media Game Kahoot untuk meningkatkan hasil dan minat belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457-464.
Winanti, S. (2021). Pendidikan dan Proses Pembelajaran. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), 2 (2),179-194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurwanti Fatnah, Nurul Hikmah Hasanuddin, Adiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.