Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi di SMPN 5 Seponti Kabupaten Kayong Utara
DOI:
https://doi.org/10.55681/nusra.v6i2.3678Keywords:
: learning, differentiated , SMPN 5 SepontiAbstract
Program dari Kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan yaitu mengadakan Program Sekolah Penggerak mengarahkan sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka salah satunya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 5 Seponti Kabupaten Kayong Utara sudah mulai diterapkan oleh guru-guru pada proses pembelajaran walaupun belum maksimal. Terdapat miskonsepsi tentang pembelajaran berdiferensiasi dan diperlukan analisis lebih lanjut tentang pelaksanaan yang sudah berlangsung sehingga sekolah bisa mengadakan tindak lanjut. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang sudah dilaksanakan guru-guru di SMPN 5 Seponti sehingga diharapkan hasil penelitian dapat menjadi acuan pelaksanaan tindak lanjut untuk pembelajaran berdiferensiasi yang lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 5 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan deskripsi, reduksi dan seleksi. Analisis data dengan metode deskriptif melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada proses pembelajaran Matematika, Informatika, Bahasa Imggris dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMPN 5 Seponti. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan berdasarkan konsep berdiferensiasi yang ada pada kurikulum Merdeka yaitu diterapkan pada konten, proses, produk maupun asesmen.
Downloads
References
Adhi Kusumastuti, & Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (S. Fitratun Annisya & S. IP, S. Sukarno, Eds.). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Desy Wahyuningsari, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.
Dinn Wahyudin, dkk. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Heny Khristiani, dkk. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Ifke Hildayanti Kuheba, dkk. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kema. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 4.
Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya. 4, 561–566. http://jurnaledukasia.org
Kurnia Fitra, D., Copriady, J., & Zulirfan. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi IPA dalam mewujudkan Pendidikan Berkelanjutan (Education for Suitanable Development). Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2.
Mirzachaerulsyah, E. (n.d.). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi pada SMA Negeri di Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 1–6. https://doi.org/10.5281/zenodo.7560689
Muhammad Kemal, dkk. (2024). Kebijakan dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Ku Merdeka yang Fleksibel; Apakah memang Fleksibel. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 1.
Muslimin, dkk. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8 (2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa
Sagul Haratua, C., Eka Pratiwi, A., Supriadi, D., Faroha Huriyatussania, F., Hendriana, H., & Rosdiana. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 07 No. 01(01), 12530.
Saputra, M. A. dan A. S. (2024). Analisis Kemampuan Calon Guru Bahasa Inggris dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 4.
Sinaga, S. (2024). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman Mengajar Guru terhadap Kemampuan Menerapkan Pembelajaran Berdifirensiasi di SMP Negeri 1 Ronggurnihuta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7 Nomor 2.
Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Tera Astria, R. dan A. B. K. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Volume 6 Nomor 2. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2647
Usman, dkk. (2022). Pemahaman Salah Satu Guru di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5 Nomor 1.
Westri Andini, D. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke- SD- An, Vol 2, Nomor 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riyanti, Suriyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.