Peran Lembaga Sekolah Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Kelas 2 SD

Authors

  • Taufik Kurohman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Devi Alyaa Nazhiifah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Tiaradiba Afriani Saniya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Titin Sunaryati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3280

Keywords:

Discipline, Character Formation, Principal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran penting kedisiplinan dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah, dengan fokus pada peran kepala sekolah dan guru sebagai pemimpin dan pendidik. Kedisiplinan adalah salah satu nilai karakter fundamental yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang teratur dan kondusif, serta meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Artikel ini menguraikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan melalui manajemen sekolah yang baik dan kolaborasi dengan guru dan orang tua. Selain itu, penelitian ini membahas peran guru dalam membina kedisiplinan siswa, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam proses tersebut, seperti kurangnya kesadaran siswa terhadap waktu, aturan, ibadah, dan tanggung jawab. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa juga dibahas, dengan penekanan pada perlunya kerja sama antara sekolah dan orang tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun peran guru sebagai evaluator sudah berjalan baik, indikator peran guru lainnya masih memerlukan peningkatan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru mengembangkan solusi yang relevan dengan kondisi siswa dan menerapkan langkah tegas jika terjadi pelanggaran kedisiplinan untuk membangun lingkungan belajar yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Alpan. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Sasak 'Doyan Nada'. JIGE: Jurnal Ilmiah Global Education.

Karuniawan, I. I., & Roqib, M. (2024). Ruang Lingkup Pendidikan: Pengaplikasian Maqasid Syariah Kajian dalam Fikih Pada Siswa di SMAN 1 Purwokerto. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1012–1023. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.2944

Kurniasih, Febria&Wijaya, Hadi (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sdn Embung Tangar Kecamatan Praya Barat. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 04(05), 328.

Rianti, Erikka&Mustika, Dea. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 04(02), 365.

Sholeh, Muhammad&Nurkholiza, Siti (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dikelas V Uptd Sdn 165 Siantona. Nizhamiyah, XII(01), 34.

Putra Widya, Aji Restu&Suyahman&Sutrisno Tri. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri. Civics Education And Social Sciense Journal(Cessj), 01(01), 108.

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Kurohman, T., Nazhiifah, D. A., Saniya, T. A., & Sunaryati, T. (2025). Peran Lembaga Sekolah Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Kelas 2 SD. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 96–102. https://doi.org/10.55681/nusra.v6i1.3280