PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEKADAU
DOI:
https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1693Keywords:
Think Talk Write (TTW) Learning Model, learning outcomes, Environmental PollutionAbstract
This research aims to determine the improvement in student learning outcomes by using the Think Talk Write (TTW) learning model on environmental pollution material at SMA Negeri 1 Sekadau. There are two variables in this research, namely the application of the Think Talk Write (TTW) learning model as the independent variable and student learning outcomes as the dependent variable. The method in this research is the classroom action research (PTK) method which consists of two cycles, each cycle through four stages, namely planning, action, observation and reflection. Data collection techniques are observation and measurement techniques, with data collection tools namely observation sheets and test questions. The research results showed that in cycle I the average value of student learning outcomes was 68.57 with classical completeness of 71.42% and the average value of cycle II was 77.85% with classical completeness of 92.85%, there was an increase in learning outcomes of 9.28%. The application of the Think Talk Write (TTW) learning model can improve the learning outcomes of class X students at SMA Negeri 1 Sekadau
Downloads
References
Arif Zulkifli. 2014. Dasar-dasar Ilmu Lingkungan, Jakarta: Salemba Teknika.
Arifin. Z. 2014. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Budi. K. Ono. W. Tatang P. 2017. Studi Analisi Faktor-faktor yang Mempengaruh Hasil Belajar pada Mata Pelajatran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 4. No. 2.
Erin. S. dan Istiqomah. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3. Magelang : Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol. 3. No. 1. Hal. 10
Gunawan. Dibia. K. dan Mahadewi. P. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA. Singaraja Indonesia : Universita Pendidikan Ganesha.
Hasmiati.2017. Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Pratikum. Makasar. Pendidikan Biologi: Jurnal Biotek.Vol. 5. No.1.
Hery. S. l. 2012.Peraturan Pemerintah Tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Huda. M. 2015. Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Intan. P. S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Ketrampilan Menulis Siswa Argumentasi Siswa Pada Materi Ekosistem. Bandung: Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. Hal. 4
I Gusti Ayu Tri Agustina. (2014). Konsep dasar IPA: AspekBiologi. Yogyakarta: penerbit ombak.
Kurt. L. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Frenanade Media.
Nuraeni. Utaya. S. dan Akbar S. 2016. Pentingnya Pembelajaran Kooperatif Dalam Aktivitas Belajar Siswa. Malang: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.Hal. 4
Riska. R. Rizal. M. dan Linawati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Sudut Pusat Panjang Busur Dan Luas Juring Di Kelas VII C SMP Negeri. Palu : Jurnal elektronik pendidikan matematika tadulako. Vol. 5. No. 2.
Sariningrum. I. M. Mahardika. K. I. dan Supriadi. B. 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe (TTW) Think Talk Write Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Fisika DI SMA. Jember. Program Studi Pendidikan Fisika. Vol.01. No. 02. Hal. 270.
Sarwiji. S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Shandy. F. 2018. Penerapan metode cooperative intregarited reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan Kemampuan Menemukan gagasan utama sebuah teks pada Siswa Kelas. Batu: SMP Negeri 3. Jurnal Artikulasi Vol.7 No.1. 424.
Shoimin. A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AZ-RUZZ Media.
Simanjutak. M. 2014. Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write dan Sofware Autograf Dalam memersiapkan pendidik Matematika Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Jakarta: Universitas Kristen Indonesia. Hal 469
Sopiany. N. H. dan Hijjah S. I. 2016. Penggunaan Strategi (TTW) Think Talk Write Dengan Kendekatan Kontektual Dalam Meningkatkan Kemampuan Meningkatkan Pemecahan Masalah Dan Diposisi Matematis Siswa MTs Rawameta Karawang. Karawang: universitas perbangsa Karawang. Vol. 9. No. 2. Hal. 270.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit. Alfabeta,Bandung.
Sumini.2015. Penelitian Tindakan Kelas.Yokyakarta: Universitas Sanata Dharma. Vol. 3.Hal 3.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Purwokwrto: Jurnal pendidikan. Vol. 11. No. 2. Hal. 32-33.
Suparman. D dan Wondal. R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Tipe ThinTalk Write Untuk meningkatkan aktivitas dan Hasil belajar IPA Pada Konsep Pencemaaran Lingkungan. Kharun: Universitas Kharun. Vol. 3. No. 1.
Trihastuti. P. E. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Think-Talk-Write (TTW) Materi Pokok Trigonometri Pada Siswa Kelas X. Ngawi: SMA Negeri 1 Jogorogo.
Undang-Undang Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
Valiant. L. P. S. 2016. Faktor-faktor Pengaruh Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik kelistrikan Otomotif. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.6. No 1. 111.
Wibowo.N. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Saptosari: Jurnal electronik, imformatic and vocation education. Vol. 1. No. 2.
Yuzarion. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta didik. Sumatra Barat: STKIP PGRI. Jurnal Pendidikan vol.2. no. 1. Hal. 109
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.