Impelementasi Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak
Keywords:
Metode, Role Playing, Sosial EmosionalAbstract
Model pembelajaran Role Playing kebutuhan anak yang paling mendasar, dimana anak berinteraksi dengan dunia sekitarnya unrtuk mengembangkan sosial dan emosionalnya. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman implementasi model pembelajaran Role Playing di RA Darul Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan membandingkan hasil penelitian dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siklus I didapatkan persentase perkembangan sosial emosional anak meningkat menjadi 59,67% dimana seluruh anak mengalami peningkatan perkembangan sosial emosional. Setelah melakukan refleksi dan perbaikan-perbaikan terhadap permasalahan yang ditemui pada siklus I, pada Siklus II dan didaptakan persentase rata-rata kemampuan sosial emosional anak meningkat signifikan menjadi 80,17% dimana seluruh anak sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bawa model Role Playing (bermain peran) secara efektif mampu meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.