Pengaruh Kemandirian Anak Terhadap Hasil Belajar Di TKN 03 Sikur
Keywords:
Kemandirian Anak, Hasil BelajarAbstract
Kemandirian belajar termasuk sebagai bentuk keperluan bagi setiap insan di hidupnya. Kemandirian belajar juga bisa dikatakan sebagai proses perilaku yang lebih baik sehingga siap dan berhasil mengatasi berbagai masalah individu dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemandirian anak memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar sosial emosional anak, Jenis Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode Ex Post Facto dan teknik analisis data statistik dan uji prasyarat dan hipotesis. hasil dari validasi ahli materi dikategorikan “baik” dengan skor 27 dengan rentang nilai (21 < X ≤ 27). PenAgumpulan data yang diperoleh melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil nilai dapat diketahui hasil uji t adalah 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan hasil signifikan, yang artinya bahwa variabel kemandirian belajar (x) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel hasil belajar (y).