Pengunaan Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak

Authors

  • Farlina Hardianti Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Baiq Halimatuz Zuhrotul Aini Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Keywords:

Media Audio Visual, Animasi Nussa dan Rara, Perkembangan Bahasa

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam berkomunikasi khususnya dalam mengungkapkan pertanyaan maupun menanggapi pernyataan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan film animasi Nussa dan Rara dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas B sebanyak 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan kemampuan bebahasa anak, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan perkembangan  kemampuan  anak  dan  telah  mencapai  indikator perkembangan yaitu 85.71% dimana pada siklus I rata-rata berada pada kategori “Mulai Berkembang” dan “Berkembang Sesuai Harapan”. Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik dimana rata-rata anak berada pada kategori “Berkembang Sangat Baik” 12 anak dari jumlah keseluruhan 14 anak dengan  presentase 85.71% .

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Hardianti, F., & Aini, B. H. Z. (2025). Pengunaan Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. KANAKA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8–15. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/kanaka/article/view/3849