Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar Angka (Papinka) terhadap Kemampuan Berhitung Anak pada Kelompok B

Authors

  • Sry Anita Rachman Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Samsul Mujtahidin Institut Pendidikan Nusantara Global

Keywords:

Media, Papan Angka, Kemampuan Berhitung

Abstract

Media papan pintar angka adalah sebuah media pembelajarana menyusun kartu angka atau nomor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Sabilirrasyad NW dengan menggunakan media Papinka. Penelitian ini merupakan
penelitian tidakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan membandingkan hasil penelitian dari setiap siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pratindakan, rata-rata kemampuan anak pada 43,6% dengan kategori Mulai Berkembang (MB), dari pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 20% sehingga menjadi kemampuan anak rata-rata 63,6% dengan kategori BSH. Dan dari siklus I ke siklus II meningkat kembali sebesar 22% sehingga menjadi 85,6% dengan kategori BSB.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Sry Anita Rachman, & Samsul Mujtahidin. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar Angka (Papinka) terhadap Kemampuan Berhitung Anak pada Kelompok B. KANAKA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/kanaka/article/view/3847